52 TAHUN SEKOLAH TINGGI PARIWISATA TRISAKTI CETAK SDM PARIWISATA UNGGUL DAN BERDAYA SAING

 


52 TAHUN SEKOLAH TINGGI PARIWISATA TRISAKTI CETAK SDM PARIWISATA UNGGUL DAN BERDAYA SAING


Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti (STP Trisakti) sebagai institusi pendidikan pariwisata yang berada dibawah naungan Yayasan Trisakti, kini telah memasuki usia 52 tahun. ( 2 Juni 1969 s/d 2 Juni 2021 ) Pada peringatan Dies Natalis tahun ini, STP Trisakti mengangkat tema Memperkuat SDM Pariwisata berkarakter unggul dan berdaya saing dengan tagline “Unggul untuk Pariwisata Indonesia”. Tema tersebut diambil bertepatan dengan telah diraihnya Akreditasi Perguruan Tinggi dengan akreditasi Unggul, dan diharapkan STP Trisakti dapat terus maju dan berkembang menciptakan SDM Pariwisata yang Unggul, berkualitas, kreatif, Inovatif, dan terus memberikan pengabdian terbaik kepada masyarakat.

Dalam rangkaian kegiatan memperingati Dies Natalis dilakukan berbagai kegiatan seperti Webinar Nasional dan International, Kompetisi Internal dan International, Ziarah Tabur Bunga ke makam Proklamator Mohammad Hatta, Pendiri STP Trisakti Bapak Mulyatno Sindhudarmoko, dan ibu Maryam Mihardjo, Bakti sosial, dan Temu Alumni serta acara syukuran yang dilaksanakan tepat pada tanggal 2 Juni 2021.


Dalam acara syukuran yang diselenggarakan dalam bentuk Hybrid ini juga dilaksanakan Talkshow yang menghadirkan pembicara Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III Prof. Dr. Agus Setyo Budi. M.Sc., Ketua Dewan Pembina Yayasan Trisakti Bapak Harry Tjan Silalahi, SH dan Ketua Umum Badan Pengurus Yayasan Trisakti Mayjen TNI (Pur) Dr. Djanadi Bimo Prakoso, P.S.C., M.PLA, M.Sc yang dipandu oleh Kepala Pusat Pusat Bisnis Kepariwisataan STP Trisakti Ibu Novita Widiyastuti Sugeng, SST., M.Si.Par selaku moderator.



Disela Perayaan Dies Natalis STP Trisakti ke 52 tahun tersebut, Ketua Umum Yayasan Trisakti, Dr Bimo Prakoso juga mengapresiasi kerja keras seluruh Civitas STP Trisakti hingga meraih predikat “Unggul” serta telah dipercaya Pemerintah untuk membuka program Doktor (S3) Pariwisata.



Saat ini STP Trisakti juga tengah berjuang agar bisa meningkatkan status dari Sekolah Tinggi menjadi Institut Pariwisata Trisakti, sehingga perlu persiapan dan kerja keras, ini butuh kekompakan secara keseluruhan, dan Yayasan Trisakti akan mendukung perubahan-perubahan yang dibutuhkan, ini perlu persiapan dan kerja keras yang sudah terbangun harus di tingkatkan, sekali lagi atas nama Yayasan mengucapkan Selamat atas upaya yang telah diraih, kita yakin bangsa ini bisa keluar dari ancaman Covid 19, sehingga bangsa ini kembali bisa membangun Kepariwisataan di seluruh wilayah Indonesia, dan STP Trisakti bisa mempertahankan status unggul tersebut. Kerja keras terus hingga berhasil, pinta Dr Bimo Prakoso.


Ketua STP Trisakti, Fetty Asmaniati, SE,MM juga mengaku bersyukur pada Agustus 2020 lalu, STP Trisakti telah memperoleh ijin menyelenggarakan program Doktor, dan institusi STP Trisakti dalam akreditasi nasional memperoleh predikat Unggul, ini tidak mungkin terwujud tanpa ada kerjasama dengan seluruh mitra STP Trisakti, termasuk Media Cetak dan Elektronik, dan kita juga beryukur dipercaya untuk memberikan pendampingan pada 10 SMK Pariwisata, di beberapa Provinsi di Indonesia.

STP Trisakti juga terus melakukan kerjasama dengan Desa Binaan, hari ini juga dilakukan penandatangan kerjasama antara STP Trisakti secara tatap muka yaitu dengan Camat Ciomas Kabupaten Bogor, Kepala Desa Ciapus Kecamatan Ciomas, Ketua Aliansi Asosiasi Kuliner Indonesia, Ketua Anggrek karya Cacat Berkreasi Dan penandatangan kerjasama secara daring dengan 12 Kepala Desa di Kabupaten Kuningan Jawa Barat, ungkap Fetty Asmaniati, SE,MM.



Hal yang sama juga diungkapkan Wakil Ketua III STP Trisakti, Bidang Kerjasama, Ismed Emier Osman juga menegaskan, bahwa dalam acara Dies Natalis ke 52 kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena masih ditengah Pandemi Covid 19, maka harus menjaga Protokol Kesehatan, sehingga kegiatan dilakukan secara Daring dan Luring, sehingga bisa bersama-sama menyaksikan napak tilas STP Trisakti, yang digambarkan dalam paparan yang bisa dinikmati bersama.


Proses perkuliahan tetap eksis, dan tetap menjaga proktes, sehingga hasil kegiatan juga menghasilkan yang baik, salahsatunya dari akdreditasi institusi memperoleh status Unggul, dan STP Trisakti akan tetap semangat dalam mencetak SDM Unggul dibidang Pariwisata, sehingga para Mahasiswa nantinya bisa meraih keberhasilan untuk kemajuan diri dan keluarga, dan tentunya untuk kemajuan Unggul Pariwisata Indonesia, tegasnya.


Pada acara ini juga digelar acara bincang-bincang yaitu Mitra Kerjasama MODENA Indonesia dengan Bapak Tommy Pratomo selaku Partnership and corporate communication departemen Head dan yang Tergabung secara online The Ritz Corlton HONGKONG Janice Seto selaku Human Resources Coordinator serta Prof Gavin Caldwell Director of Operation, Human Resources and Partner School IMI Switzerland, Alumni Mancanegara yang telah bekerja dan berkriprah di luar negeri diantaranya berasal dari negara Prancis, New Zealandm Singapura, USA, Timor Leste dan Dubai. dan mahasiswa berpresatasi Akademik maupun non Akademik yaitu Maria Junetha Prodi S1 Pariwisata (Peraih PHP2D program holistik pembinaan dan pemberdayaan desa 2020, pertukaran Pelajar, PHP2D 2021, KBMI/Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia, TEC Trisakti Enterpreneur Club Wisata.


S1 Pariwisata diantaranya Tasya Komara Sari / penggerak wirausaha muda, Hibah KBMI, penerima hibah wirausaha muda Kemenpora, penerima hibah PHP2D 2021, Delegasi AWMUN Asean

D4 Hotel, Elmira Peja penerima beasiswa Beasiswa Unggulan, D4 Hotel : Indriani penerima beasiswa Beasiswa Unggulan (prestasi tertinggi), D4 UPW : Alitca penerima beasiswa mahasiswa prestasi jelajah nusantara D4 Hotel, Juan Nathaniel/ Training di The Ritz Carlton Hong Kong, Tak lupa pemberian Beasiswa kepada 30 mahasiswa berprestasi baik dibidang Akademik maupun non Akademik.

KILAS BALIK SEKOLAH TINGGI PARIWISATA TRISAKTI

Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Trisakti didirikan tanggal 2 Juni 1969 dengan nama Akademi Perhotelan & Kepariwisataan Trisakti, atas gagasan Bapak Mulyatno Sindhudarmoko, SE., Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti pada waktu itu. Selanjutnya Bapak Mulyatno Sindhudarmoko, SE., ditunjuk oleh Yayasan Trisakti menjadi Direktur Akademi Perhotelan & Kepariwisataan Trisakti terhitung 26 Nopember 1969 sampai dengan tahun 1990.

Tahun 1972, Akademi Perhotelan & Kepariwisataan Trisakti membuka jurusan baru yaitu Tour & Travel. Akademi Perhotelan dan Kepariwisataan Trisakti kemudian berubah bentuk menjadi Akademi Pariwisata Trisakti sesuai ketentuan Pemerintah. Tahun 1985 mulai mengikuti Ujian Negara Sarjana Muda yang diselenggarakan oleh Kopertis Wilayah III.

Tahun 1987, Akademi Pariwisata Trisakti dari Kampus A Kyai Tapa Grogol kemudian pindah menempati kampus barunya di jalan IKPN, Tanah Kusir, Bintaro. Gedung A kampus baru Akademi Pariwisata Trisakti memperoleh kehormatan diresmikan pembukaannya oleh Menteri Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi pada saat itu, Bapak Soesilo Soedarman pada 3 Desember 1988. Peristiwa lain yang cukup penting, tanggal 21 Juni 1989, Akademi Pariwisata Trisakti memperoleh status “DISAMAKAN” berdasarkan SK Mendikbud, sedangkan Gedung B kampus Akademi Pariwisata Trisakti selesai di bangun dan diresmikan pembukaannya oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Dr. Ing. Wardiman Djojonegoro pada 10 April 1997.

Pada tahun 1999, Akademi Pariwisata Trisakti berubah bentuk dan statusnya menjadi Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti berdasarkan SK Mendikbud RI tertanggal 15 Juni 1999. Perubahan nama tersebut karena sejak saat itu Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti menyelenggarakan jenjang pendidikan Diploma IV selain jenjang pendidikan Diploma III untuk jurusan Perhotelan dan Usaha Perjalanan Wisata.

Tahun 2001, Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti membuka pula jenjang pendidikan Diploma I dengan Jurusan Perhotelan mempunyai bidang peminatan yaitu Divisi Kamar dan Tata Hidang serta Jurusan Usaha Perjalanan Wisata mempunyai bidang peminatan yaitu Tarif Dokumen Pasasi dan Pemanduan. Tahun 2007 jenjang pendidikan Diploma I Jurusan Perhotelan Bidang Peminatannya mengalami perubahan peminatan, yaitu : Pengolahan Roti dan Kue, Pengolahan Makanan, Table Manner dan Jurusan Usaha Perjalanan Wisata juga mengalami perubahan peminatan yaitu : Administrasi dan Ticketing, Pengelolaan Acara (Event Organizer). Pada tahun yang sama tepatnya tanggal 15 Mei 2007 Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti menandatangani kerjasama pendidikan diploma IV Jurusan Perhotelan, Kelas Internasional dengan International Hotel Management Institute Switzerland (IMI) melalui program transfer kredit.

Tahun 2009 Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti berhasil mendapatkan ijin untuk menyelenggarakan Program Pascasarjana dan ini menjadikan STP Trisakti perguruan tinggi swasta pertama di Indonesia yang memiliki program studi S2 Pariwisata.

Untuk terus menyelenggarakan pendidikan pariwisata yang berkelanjutan pada tahun 2010 di susunlah Rencana Pengembangan Jangka Panjang 2010 sampai dengan 2025 antara lain tahap 1 yaitu Pengembangan Sistem Pengelolaan berbasis SMART Campus untuk Kualitas Regional tahun 2010 sampai dengan 2014. Tahap 2 yaitu Pengembangan Kualitas STP Trisakti menuju Daya Saing Global tahun 2015 sampai dengan 2019. Tahap 3

Pengembangan STP Trisakti menuju Center of Excellence dibidang Hospitaliti dan Pariwisata serta berkualitas Global tahun 2020 sampai dengan 2025. Demi mencapai rencana tersebut STP Trisakti terus melakukan inovasi dan kerjasama baik dalam negeri maupun luar negeri. Pada tahun 2012 STP Trisakti melakukan kerjasama join degree dengan Burapha University Thailand untuk program D4 Perhotelan dan D4 Usaha Perjalanan Wisata. Ditahun yang sama STP Trisakti mendapatkan Ijin penyelenggaraan Program Sarjana S1 Pariwisata hal ini semakin melengkapi penyelenggaraan pendidikan dibidang akademik.

Selain itu kerjasama terus dilakukan untuk mewujudkan kualitas Global sesuai dengan renstra yang telah ditetapkan. Pada Tahun 2014 penyelenggaraan Program Joint Degree dengan IMI Switzerland untuk program D4 Perhotelan berhasil diselenggarakan dan ditahun yang sama Joint Degree dengan Burapha University Thailand untuk program S2 Pariwisata. Selain itu STP Trisakti terus melakukan kerjasama luar negeri yaitu pada tahun 2016 melakukan kerjasama Double Degree dengan Wuxi Institute of Technology China untuk program D3 Perhotelan dan ditahun selanjutnya 2017 STP Trisakti melakukan kerjasama Double Degree dengan Guilin Tourism University China untuk program D4 Perhotelan.

Untuk tetap menjaga kualitas penyelenggaraan perguruan tinggi maka STP Trisakti terus melakukan peningkatan akreditasi program studi antara lain program D3 Perhotelan telah terakreditasi A dengan nilai 378, program Sarjana Terapan Pengelolaan Perhotelan terakreditasi A dengan nilai 385, program Sarjana Terapan Usaha Perjalanan Wisata dengan akreditasi A nilai 378, program Sarjana Pariwisata terakreditasi A dengan nilai 370 dan program S2 Pariwisata terakreditasi B dengan nilai 352.

Selain itu pada tahun 2016 STP Trisakti mendapat peringkat 340 dari seluruh perguruan tinggi swasta di Indonesia dengan hasil tersebut STP Trisakti terus meningkatkan peringkat perguruan tinggi diantaranya tahun 2017 STP Trisakti berhasil meningkatkan posisi menjadi peringkat 77, tahun 2018 menjadi peringkat 95, tahun 2019 menjadi peringkat 129 dan pada tahun 2020 berhasil meningkatkan kembali menjadi peringkat 88.

Pencapaian demi pencapaian terus diraih oleh STP Trisakti diantaranya Anugerah Adikarya Wisata baik tingkat Nasional maupun Provinsi pada tahun 1994, 1997, 2004, dan 2019. Pada tahun 2013 meraih penghargaan SNI Award Kategori Perusahaan/Drganisasi Menengah Jasa, tahun 2014 mendapatkan Peringkat 1 Perguruan Tinggj Swasta Unggulan Kategori Pembelajaran serta pada tahun 2016 STP Trisakti mendapatkan peringkat 2 Aspek Kelembagaan dan peringkat 3 Aspek Kemahasiswaan di Kalangan Sekolah Tinggi Kopertis Wilayah III. Tahun 2018 STP Trisakti mendapatkan penghargaan The Most Popular MICE Industry kategori University in MICE Majoring, tahun 2020 mendapatkan Peringkat 2 Perguruan Tinggi Swasta dengan Presentase Jabatan Akademik Dosen dan Sertifikat Pendidik Dosen Terbanyak, Peringkat 3 Perguruan Tinggi Swasta Top 3 Skor Kinerja Penelitian Tertinggi dan mendapat Skor Tertinggi Klasterisasi Perguruan Tinggi Kategori Sekolah Tinggi di Lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III tahun 2020.

Pada tahun 2020 pencapaian STP Trisakti terus berlanjut yaitu mendapatkan ijin penyelenggaraan Program Doktor S3 Pariwisata dan lagi-lagi menjadikan STP Trisakti perguruan tinggi swasta pertama di Indonesia yang memiliki program studi S3 Pariwisata. Tidak hanya itu prestasi ditahun 2021 sebagai hadiah Dies Natalis ke 52 STP Trisakti adalah mendapatkan Akreditasi Perguruan Tinggi dengan akreditasi Unggul. (Nurul).


0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.