Gusti Kanjeng Ratu Pakoeboewono XIII Kukuhkan Pengurus Paguyuban Kusumo Hondrowino Korwil DKI Jakarta




Gusti Kanjeng Ratu Pakoeboewono XIII Kukuhkan Pengurus Paguyuban Kusumo Hondrowino Korwil DKI Jakarta


Dalam upaya turutserta Nguri-uri Budaya Jawa, Khususnya Budaya Kraton Surakarta Hadiningrat di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, pada Kamis, 25 Februari 2021, bertempat di Anjungan Jawa Tengah TMII, Engkang Sinuwun Gusti Kanjeng Ratu Pakoeboewono XIII secara resmi mengukuhkan Pengurus Paguyuban Kusumo Hondrowino (KH) Korwil DKI Jakarta, hadir dalam prosesi tradisi Kraton Surakarta Hadiningrat tersebut, GKR Pakoeboewono XIII, KPHA Hari Sosronegoro, KPA Widodo Notonegoro, KPHA Sulistiono Sosronegoro, KRAT Saryonodipuro serta KPA Widodo Notohadiningrat. 



Kepengurusan Kusumo Hondrowino Korwil DKI Jakarta, dengan Ketua KRAT. P. Mulyatno Prawironegoro, SM, MH serta Pengawas KH, Kanjeng Raden Tumenggung Drs. H Leles Sudarmanto, MM, MBA. Pengukuhan ditandai dengan Penyerahan Lambang Kraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat dari Gusti Kanjeng Ratu Pakoeboewono XIII ke Ketua KH DKI, KRAT. P. Mulyatno Prawironegoro, SM, MH.


Dalam sambutannya GKR Pakoeboewono XIII mengaku bersyukur bahwa Paguyuban Kusumo Hondrowino telah merambah ke Daerah Khusus Ibukota Jakarta, dan Kusumo Hondrowino membuka kesempatan kepada siapapun untuk menjadi Abdi Dalem Kraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, dan pada seluruh Pengurus KH Korwil DKI Jakarta hendaknya bisa mengemban tugas dalam melestarian dan mengembangkan budaya Kraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat serta melaksanakan Visi, Misi dalam Paguyuban Kusumo Hondrowino.


Ketua Paguyuban Kusumo Hondrowino Korwil DKI Jakarta KRAT. P. Mulyatno Prawironegoro, SM, MH dalam kesempatan tersebut menegaskan, bahwa seluruh pengurus dan anggota KH DKI Jakarta akan setia  dan siap berbakti kepada Kanjeng Soesoehoenan Pakoe Boewono XIII, yang memimpin Kraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Serta akan mengikuti aturan-aturan yang ada di lingkungan Kraton Surakarta Hadiningrat.



Pengurus KH DKI Jakarta setiap saat, siap menerima dan menjalankan semua tugas yang diberikan oleh Kanjeng Soesoehoenan Pakoe Boewono XIII, serta menjunjung tinggi kehormatan Kraton Surakarta Hadiningrat, senantiasa bekerja dengan jujur, Sukarela secara lahir dan batin, untuk kepentingan Keraton Surakarta Hadiningrat, ungkapnya.


Ditempat yang sama, Ketua Paguyuban Jawa Tengah  KRT Drs. H Leles Sudarmanto, MM, MBA yang hadir bersama beberapa pengurus PJT, dalam kesempatan tersebut juga juga mengampaikan paparan dihadapan Gusti Kanjeng Ratu Pakoeboewono XIII, dimana PJT sebagai wadah masyarakat perantauan asal Jawa Tengah, termasuk Kota Surakarta, saat ini telah banyak berbuat dalam pelestarian dan pengembangan Seni Budaya dan tradisi masyarakat Jawa Tengah, termasuk Surakarta, dan PJT siap bersama-sama menjunjung tinggi Budaya Tradisi Kraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, dibawah kepemimpinan Kanjeng Soesoehoenan Pakoe Boewono XIII. (Red).






0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.