Polda Metro Jaya Gelar Rekontruksi Kasus John Kei di Tiga Lokasi

Polda Metro Jaya Gelar Rekontruksi Kasus John Kei di Tiga Lokasi


Jakarta - Penyidik Ditreskrimum Polda Metro Jaya menggelar rekontruksi kasus penganiayaan dan pengerusakan yang dilakukan oleh kelompok John Kei terhadap kelompok Nus Kei di tiga.

Rekontruksi dilakukan secara roundown di tiga lokasi yaitu Kelapa Gading, Arcici Jakarta Pusat dan Tytyan, Bekasi. Rekontruksi tersebut dilakukan untuk mencocokkan keterangan para tersangka dalam BAP dengan peristiwa yang terjadi di lapangan.

Polda Metro Jaya melakukan rekonstruksi dengan para tersangka berjumlah 37 orang. Melihat situasi ada beberapa tempat seperti di Kosambi akan kita pindahkan ke Polda Metro Jaya saja karena melihat pra konstruksi pada saat itu memang sangat padat masyarakatnya di pandemi Covid-19 ini kita harus menjaga jarak.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, penyidik lalukan gelar rekonstruksi agar mendapat gambaran yang jelas tentang terjadinya suatu tindak pidana dan menguji kebenaran keterangan tersangka dalam kasus tersebut. Jakarta, Senin (6/7/2020).

"Rekontruksi rencananya akan digelar di tempat kejadian perkara (TKP) dalam kasus tersebut. Rencananya kita gelar di TKP-nya langsung,” ungkap Yusri.

Yusri mengatakan, selain melakukan rekontruksi di 3 lokasi, petugas juga akan melakukan rekontruksi di Polda Metro Jaya.

"Yang ingin dicapai dalam rekonstruksi hari ini adalah menyempurnakan berkas acara pemeriksaan yang sudah dilakukan dengan para tersangka lainnya yang dituangkan langsung dilapangan seperti apa semuanya kita cocokkan lagi menghadirkan para pelaku lainnya," jelas Yusri

Sampai saat ini ada 37 tersangka dan masih ada 8 DPO yang terakhir disampaikan. Kita akan upayakan hadirkan semuanya. Jhon Kei akan dihadirkan dalam rekonstruksi kali ini.

Ada 5 TKP Konstruksi hari ini Arcici,  Kelapa Gading, Tytyan Bekasi, 2 lokasi dipindahkan ke Polda Metro Jaya.

Sebelumnya pra rekontruksi telah dilakukan penyidik pada 24 Juni 2020 lalu. Rekontruksi tersebut berlangsung di dalam Polda Metro Jaya dan di Cengkareng Jakarta Barat serta di Tangerang. Dalam pra rekontruksi tersebut John Kei tidak dihadirkan dan digantikan oleh peran pengganti.

Kelompok John Kei melakukan penyerangan dan pembunuhan terhadap kaeanan Nus Kei yang tak lain pamannya sendiri terkait rasa kecewa atas pembagian hasil penjualan tanah di Ambon, Maluku.

Penyerangan tersebut terjadi di dua lokasi berbeda yakni kawasan Green Lake City Cipondoh, Kota Tangerang, dan daerah Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat.

Penyerangan di rumah Nus Kei di komplek Green Lake tersebut seorang sekuriti perumahan mengalami luka ditabrak dan pengendara ojek online tertembak di bagian kaki. Sementara penyerangan di kawasan Duri Kosambi Cengkareng, Jakarta Barat anak buah Nus Kei, ER tewas dan AR terluka.

John Kei dan 29 anak buahnya telah tinggal dalam jeruji besi di tahanan Mapolda Metro Jaya sebagai tersangka kasus penyerangan, penganiayaan, dan pembunuhan berencana.(Guffe).

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.