Babinsa Teyap Terjun Kesawah Ditengah Pandemi

Babinsa Teyap Terjun Kesawah Ditengah Pandemi


Boyolali - Disaat pandemi Virus Covid-19 ditengah masyarakat yang membatasi berbagai aktifitas akibat social distancing dan physical distancing, petani di wilayah Desa Jeron Kec. Nogosari Kab. Boyolali  tetap gigih berupaya meningkatkan hasil panen di tengah pandemi Covid-19 yang sedang melanda masyarakat di dunia termasuk Indonesia.

Babinsa Desa Jeron Koramil 13 Nogosari Sertu Slamet Fahrudin tetap mendampingi petani dalam meningkatkan ketahanan pangan masyarakat melalui pendampingan kegiatan petani di wilayahnya.

Sertu Slamet Fahrudin bersama Petugas Penyuluh lapangan (PPL) membantu petani yang tergabung dalam kelompok Tani Turut Makmur  di Desa Jeron Kec. Nogosari Kab. Boyolali dalam mengendalikan hama padi dalam rangka meningkatkan hasil pertanian. Hari Kamis (18/6/2020).

Pendampingan penyemprotan hama wereng tersebut dilaksanakan bersama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Boyolali, PPL Kec. Nogosari dan Kelompok Tani Turut Makmur bertempat di lokasi  persawahan Desa Jeron. Gerakan pengendalian hama padi wereng  batang coklat ini menggunakan obat insektisida BASA.

Diketahui wereng termasuk hama padi yang paling berbahaya dan merugikan, khususnya di Indonesia. Serangga kecil ini menghisap cairan tanaman padi dan sekaligus juga menyebarkan virus (reovirus) yang menyebabkan tanaman padi terinfeksi penyakit tungro.

“Tidak hanya menghadapi pandemi Covid-19, petani saat ini juga menghadapi hama wereng yang menyerang lahan sawah. Untuk itu, bersama-sama akan terus berupaya membantu petani dalam mengatasi permasalahan tersebut, demi terciptanya ketahanan pangan di wilayah lebih luas tentunya ketahanan pangan Negara,” ucap Babinsa.

“Ada dua sektor yang tak boleh berhenti dalam situasi saat ini yaitu sektor pertanian dan kesehatan,” Imbuh Babinsa.(Guffe).

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.