Penjabaran Program Ketahanan Pangan Nasional Lantamal III Menebar Bibit Ika Lele

Penjabaran Program Ketahanan Pangan Nasional Lantamal III Menebar Bibit Ika Lele


 Jakarta - Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) III Jakarta Brigadir Jenderal TNI (Mar) Hermanto SE. MM. melakukan penebaran bibit ikan lele system bioflok dalam rangka program Ketahanan Pangan Lantamal III, Kesatrian Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) III Jakarta Jl. Tabah Raya Komplek Kodamar Sunter Jakarta Utara, Selasa
(21/4/2020).

Dalam amanatnya Komandan Lantamal III menyampaikan, Ketahanan Pangan  sebagai suatu kondisi dimana setiap orang sepanjang waktu, baik fisik maupun ekonomi memiliki akses terhadap pangan yang cukup, aman, dan bergizi untuk memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari sesuai dengan frepensinya.

Menjaga ketahanan pangan menjadi penting bagi Indonesia karena jumlah penduduknya yang sangat besar dengan cakupan geografis yang luas dan tersebar. Ketahanan pangan kita tidak terlepas dari  sifat produksi komoditi pangan itu sendiri yang musiman dan berfluktuasi yang sangat mudah dipengaruhi oleh iklim dan cuaca.

Apabila perilaku produksi yang rentan terhadap perubahan iklim tersebut tidak dilengkapi dengan kebijakan pangan yang tangguh maka akan sangat merugikan, baik untuk produsen maupun konsumen, khususnya produsen berskala kecil dan konsumen berpendapan rendah.

Kegiatan penebaran bibit ikan lele dengan systim bioflok yang dikembangkan oleh Yonmarhanlan sengaja dipilih karena mempunyai tingkat kematiannya yang hanya 10% dari jumlah bibit yang ditabur dalam jangka 2,5 bulan sudah dapat dipanen, system tanam ikan dengan cara ini dengan tujuan untuk membekali para prajuritnya agar bisa berusaha mandiri sehingga kehidupan keluarga prajurit menjadi sejahtera, pada kesempatan ini bibit ikan lele yang di tebar sebanyak 4000 ekor.

Hadir pada kegiatan tersebut, Para Asisten, Kasatlak dan Kasatker serta seluruh prajurit Yonmarhanlan III.(Guffe).

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.