Acep, Calon Penggiat Peduli Sampah Teladan 2020

Acep, Calon Penggiat Peduli Sampah Teladan 2020

Apabila kita dalam perjalanan dari arah Jakarta menuju Cianjur  ataupun  Bandung melalui jalur Jonggol dan Cariu, kurang lebih 5 km sebelum Kecamatan Jonggol, di sebelah kanan terlihat ada bangunan gapura megah setinggi kurang lebih 15  m.

Setelah melalui gapura berwarna krem dengan beberapa patung kuda di atasnya itu, sesuai dengan petunjuk arah yang terdapat di sepanjang jalur perumahan Citra Indah City, sekira 5 km dari pintu gerbang perumahan yang dibangun oleh Ciputra Grup tersebut terdapat satu cluster yang bertuliskan "Bukit Wijayakusuma".

Di cluster itulah rupanya Kang Acep (begitu panggilan akrabnya) bertempat tinggal bersama  istri tercintanya, Ani Diani bin Mahmud dan dua  putra serta satu putrinya.

Lelaki asal Indramayu yang memiliki nama lengkap Acep Dudin Saprudin itu sejak dua tahun lalu telah didaulat oleh warganya untuk menjadi Ketua RT 02/09 Desa Sukamaju, Kecamatan Jonggol, Kab. Bogor, Jabar.

Sejak itu pula Kang Acep nyaris tak pernah dapat beristirahat dengan tenang. Pasalnya, Prajurit TNI AL berpangkat Sersan Kepala (Serka) tersebut selain dituntut harus melayani administrasi warga, putra dari pasangan bahagia Bapak Memod (Alm) dengan Ibu Mardiyah Hayati itu berkeinginan kuat untuk memajukan wilayah kepemimpinannya agar  menjadi lebih cemerlang.

Kang Acep yang sebelum menjadi Ketua RT memang sudah terkenal sebagai sosok pria yang enggan diam dan banyak ide itu perlahan lahan mengajak warganya untuk membuat bank sampah, mengumpulkan sampah, hingga memanfaatkan sampah dari barang yang tak berguna menjadi barang antik yang mampu menjadi magnet mata bagi banyak kalangan, terutama bagi para pecinta karya seni.

Beberapa kali karya Kang Acep dan warganya menjadi pusat perhatian pada ajang pameran di sejumlah event yang digelar di beberapa tempat, terutama saat menampilkan karyaseninya pada acara pameran kerajinan tingkat Provinsi Jawa Barat. Kala itu Kang Acep ikut berpartisipasi bersama Dekranasda Kabupaten Bogor. Alhasil,  terpilih dan terpampang menjadi salah satu produk unggulan Bogor.

Kini, Kang Acep tengah mempersiapkan diri dalam kancah perhelatan lomba tingkat Kab. Bogor. Acep mengaku harus menjaga dengan sebaik-baiknya atas kepercayaan yang diberikan kepadanya karena dirinya dipercaya untuk mewakili Kecamatan Jonggol. Kebetulan satu kecamatan Jonggol hanya seorang diri yang memperoleh kepercayaan untuk
mengikuti kompetisi penggiat teladan peduli lingkungan mengelola daur ulang sampah, berhadapan dengan  perwakilan dari tiap-tiap  kecamatan sekabupaten Bogor.

Ia pernah diusulkan dari  Kecamatan Jonggol kepada  Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab.  Bogor untuk menjadi Penggiat Peduli Sampah Teladan 2020. Surat bernomor 658/270-Ekbang tertanggal 2 April 2020 itu telah ditandatangani sendiri oleh Camat Jonggol Andri Rahman S., STP, M.Si.

Ketika ditanya harapannya, Ketua RT yang memiliki kemauan kuat untuk memajukan lingkungannya itu hanya menginginkan agar seluruh warganya bertambah maju dan kompak.

Untuk memajukan lingkungannya, Kang Acep pernah mengajukan usulan agar dibangunkan balai kreatif warga di lahan fasum yang berada di wilayah RT tersebut. "Alhamdulillah sudah masuk  Musrenbang Kecamatan Jongggol, Insya Alloh  tahun 2021 sudah bisa terealisasi, tutur Kang Acep menutup pembicaraannya.**

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.