Siapkan RW Kader Anti Narkoba se-DKI Jakarta, INSANO Dan BNN Gelar TOT

Siapkan RW Kader Anti Narkoba se-DKI Jakarta, INSANO Dan BNN Gelar TOT

Dalam Upaya Membentuk Kader-kader Anti Narkoba melalui para penyuluh, Organisasi Kemasyarakatan Indonesia Anti Narkoba (INSANO) bertempat di Aula Gedung A, Kantor Walikota Jakarta Timur pada Minggu 8 Maret 2020 menggelar Training of Trainer (TOT) yang diikuti Pengurus INSANO serta Tokoh Masyarakat, acara dibuka secara resmi oleh Walikota Jakarta Timur yang diwakili Seko Jaktim, H Kusmayadi.


Ketua Umum DPP INSANO, Sismanu, menegaskan bahwa sebagaimana amanat Undang-Undang Anti Narkoba bab 13 tentang Peran Serta Masyarakat, INSANO akan terus mencetak kader masyarakat, selain para tokoh menjadi tenaga penyuluh juga diharapkan menjadi relawan penggiat anti Narkoba.

INSANO juga akan memberdayakan masyarakat, khususnya Pengurus RW Se-DKI Jakarta, untuk bisa menjadi Kader Anti Narkoba, dan untuk dilingkungan sekolah yaitu Seluruh Ketua OSIS juga harus jadi Kader Anti Narkoba, sehingga INSANO akan memberdayakan masyarakat seluas-luasnya, dalam upaya melakukan Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN), tegas Sismanu.


Hal yang sama juga diungkapkan Ketua Bidang Pencegahan INSANO, Hariri, bahwa Workshop dan TOT ini sebagai bagian dari program kerja Insano 2020 dalam pencegahan, dan yang kedua adalah sebagai upaya untuk meningkatkan kapasitas kita semuanya, sebagai aktivis atau kader penggerak anti narkoba, adalah untuk memaksimalkan peran kita sebagai warga negara dalam pencegahan bahaya narkoba yang diamanatkan dalam Undang-undang, Dan harapannya setelah mengikuti pelatihan ini, kita semuanya mampu mengimplementasikan ilmu yang kita dapat hari ini, baik di tempat tugas kita masing-masing atau dimanapun kita berada, tegasnya.



Ketua Panitia, Dr. Mukmin Jauhari M.Pd menjelaskan TOT dan Workshop hari ini diikuti oleh 60 peserta, yang terdiri dari anggota aktif INSANO dan anggota masyarakat Jabodetabek, dengan menghadirkan nara sumber dari BNN, baik bidang Pencegahan maupun Pemberantasan, kegiatan ini dalam rangka untuk memberi pemahaman baik secara teknis maupun non tehnis untuk menjadi kader penggerak anti narkoba, paparnya.




Walikota Jakarta Timur yang diwakili H Kusmayadi juga menyambut baik upaya INSANO yang membekali Tokoh Masyarakat seperti Ketua RW tentang Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika, apalagi di Jakarta Timur sendiri ada 3.000 lebih pengurus RW, sehingga masyarakat nantinya bisa terlindungi dari ancaman Narkoba.

Mantan Camat Johar Baru ini juga meminta kewaspadaan tinggi, karena biasanya Bandar Barkoba memasukkan barang dengan cara membuat keributan di masyarakat, agar mudah memasukkan barang, seperti di daerah Tanah Tinggi, Jakpus. Untuk itu harus benar-benar waspada di lingkungan kita, dan marilah kita kampanyekan Jakarta BERIMAN, yaitu Jakarta Bersih dari Bahaya Narkoba, pintanya.



Sementara Kepala BNN Kota Jakarta Timur, AKBP Yuanita sari juga meminta seluruh peserta untuk mengkampanyekan Jakarta BERSINAR, bagaimana kita bisa menjaga lingkungan dari ancaman Narkoba.

Kegiatan TOT P4GN ini sesuatu yang luar biasa, Bagaimana INSANO mendorong partisipasi masyarakat, khususnya dari Insano untuk menciptakan kader-kader pelopor di masyarakat, untuk itu kami harapkan Kegiatan ini tidak semata-mata mendengarkan saja, kita niatkan dalam hati kita, dan selepas acara hari ini kita bentuk kadar-kadar di wilayah kita masing-masing, pintanya. (Pry/Nrl)

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.