Bazar Buku Big Bad Wolf Hadir untuk Pertama Kalinya di Makassar Untuk Meningkatkan Minat Baca

Bazar Buku Big Bad Wolf Hadir untuk Pertama Kalinya di Makassar Untuk Meningkatkan Minat Baca

Bazar Buku Terbesar di Dunia dengan Diskon 60%- 80%, dari 29 November – 9 Desember 2019 untuk Mencerdaskan Bangsa Melalui Akses Terhadap Buku-Buku Internasional yang Berkualitas.

Makassar, 20 November 2019 – Bazar Buku Big Bad Wolf, Bazar Buku terbesar di dunia hadir untuk pertama kalinya di Pulau Sulawesi tepatnya kota Makassar. Tahun ini, Bazar Buku Big Bad Wolf telah sukses diselenggarakan di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Medan, Surabaya, Balikpapan dan kini Makassar merupakan kota ketujuh di Indonesia yang Bazar Buku Big Bad Wolf kunjungi. Bazar Buku ini akan diselenggarakan di Celebes Convention Center (CCC) dari tanggal 29 November – 9 Desember 2019. Bazar Buku Big Bad Wolf tidak dipungut biaya alias gratis biaya masuk gedung dari jam 8.00 hingga 24.00 serta memberikan diskon mulai dari 60 hingga 80 persen untuk semua buku internasional.


Berdasarkan survei yang dilakukan oleh The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organisation (UNESCO) pada 2012 mengungkapkan bahwa persentase minat baca masyarakat Indonesia hanya 0.001 persen, artinya dari 1,000 orang Indonesia, hanya satu orang yang senang membaca. Presiden Direktur Bazar Buku Big Bad Wolf Indonesia, Uli Silalahi yang kini dikenal sebagai Ibu Buku mengatakan, “Misi utama adanya Bazar Buku Big Bad Wolf ini adalah untuk meningkatkan minat baca dan mencerdaskan bangsa. Membaca adalah jendela dunia, berbagai informasi dapat diperoleh dengan membaca, banyak membaca berarti banyak membuka cakrawala pengetahuan. Anak yang sejak dini terbiasa membaca akan lebih percaya diri karena mereka memiliki segudang informasi. Untuk terus meningkatkan tingkat literasi di Indonesia, Bazar Buku Big Bad Wolf terus bergerak untuk mengajak masyarakat agar lebih gemar membaca buku. Tahun ini sudah tujuh kota yang Bazar Buku Big Bad Wolf hadiri, yakni Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Medan, Surabaya, Balikpapan dan Makassar merupakan kota terakhir dan perwakilan untuk Pulau Sulawesi, kami berharap dengan adanya Bazar Buku Big Bad Wolf, literasi di Indonesia terus meningkat.”
Berbagai genre buku tersedia dalam Bazar Buku ini, mulai dari seni, budaya, novel, fiksi, romance, sastra, novel grafis, bisnis, arsitektur, memasak, fashion dan masih banyak lagi. Tersedia juga buku untuk anak-anak seperti buku cerita, buku untuk mewarnai, sound books, board books, pop up books dengan harga yang sangat terjangkau. Bazar Buku Big Bad Wolf di Makassar juga mempersembahkan Buku Ajaib, buku ini menggunakan teknologi Augmented Reality (AR). Augmented Reality sendiri adalah penggabungan antara objek virtual dengan objek nyata yang bersifat interaktif secara real time. Dengan adanya teknologi Augmented Reality, anak-anak dapat berinteraksi dengan karakter di dalam buku yang baik untuk mengembangkan imajinasi anak-anak. Terdapat 17 Judul Buku Ajaib, 15 judulnya berbahasa Inggris dan 2 berbahasa Indonesia yaitu Edisi Ayo Solat-Alif untuk laki-laki dan Sofia untuk perempuan, buku ini mengajarkan anak-anak bagaimana cara berwudhu dan tatacara shalat lima waktu yang hanya bisa didapatkan secara eksklusif di Bazar Buku Big Bad Wolf Indonesia.


Untuk mewujudkan minat membaca sejak dini serta akses buku yang luas bagi semua kalangan, termasuk yang berada di pelosok tanah air, Bazar Buku Big Bad Wolf memiliki program Corporate Social Responsibility (CSR) yang bernama “Red Readerhood’’. Melalui program sosial ini, Bazar Buku Big Bad Wolf mengajak para pengunjung yang hadir untuk menyebarkan kegembiraan membaca buku untuk sesame serta saudara-saudara kita yang berada di pelosok tanah air dengan cara mendonasikan buku-buku yang mereka beli di korner Red Readerhood. Buku-buku ini akan disalurkan kepada masyarakat Indonesia yang membutuhkan. Bazar Buku Big Bad Wolf bersama dengan Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan Abri dan TNI Polri (FKPPI) dan Alusi Tao Toba di Medan pada tahun 2018. Program ini telah berhasil menyebarkan buku kepelosok Indonesia, seperti ke paud-paud, masyarakat sekitar Danau Toba, dan pulau-pulau kecil di Sulawesi. Bazar Buku Big Bad Wolf berkomitmen untuk bisa selalu memberikan dampak langsung kepada masyarakat melalui kegiatan donasi buku. Perkara ini diharapkan buku-buku yang didonasi dapat menambah ilmu pengetahuan serta wawasan yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan.

Juga hadir dalam press conference, Vice President Business Consumer Bank Central Asia (BCA) Septi Herlina mengatakan acara ini merupakan satu bentuk dukungan BCA bagi kegiatan kesadaran membaca buku pada generasi muda. Dalam hubungannya dengan tujuan tersebut, BCA juga menawarkan beragam promo istimewa, antara lain cashback voucher hingga Rp500,000 untuk pembayaran dengan Kartu Kredit BCA dan Kartu Debit BCA dengan chip; diskon 50% untuk pembelian voucher BBW menggunakan Reward BCA; Paket Harga Khusus Nasabah BCA yakni beli 3 gratis 1 buku ajaib Augmented Reality (AR) dengan Kartu Kredit BCA, Kartu Debit BCA, Flazz, maupun Sakuku; Cicilan BCA 0% hingga 6 bulan; serta tambahan diskon 20% untuk judul buku pilihan.

Untuk mewujudkan kota Makassar bebas sampah plastik dan mendukung program pemerintah, Bazar Buku Big Bad Wolf mengajak pengunjung untuk berkontribusi dalam mendukung pola hidup tanpa sampah plastik dengan cara membawa tas atau koper sendiri dari rumah. “Perubahan besar selalu dimulai dengan tindakan yang sederhana, pengendalian sampah bukan hanya melalui kegiatan daur ulang, tetapi mengurangi timbulan sampah plastik juga salah satu cara untuk mengatasinya. Sudah saatnya kita memikirkan keberlanjutan lingkungan dengan memperhatikan sampah yang kita hasilkan,’’ ujar Uli Silalahi, Presiden Direktur Bazar Buku Big Bad Wolf Indonesia

TENTANG BIG BAD WOLF BOOKS
Bazar Buku Big Bad Wolf pertama kali diadakan di Kuala Lumpur pada tahun 2009. Buku-buku yang disediakan merupakan buku-buku baru yang dibeli langsung dari para penerbit internasional yang kemudian dijual ke seluruh penjuru dunia dengan diskon 60-80%. Di Indonesia, Bazar Buku Big Bad Wolf dikelola oleh PT. Jaya Ritel Indonesia, dengan misi untuk membantu membentuk masyarakat gemar membaca serta mencerdaskan bangsa agar siap berkompetisi pada Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Bazar Buku Big Bad Wolf juga mengadakan kegiatan sosial “Red Readerhood” sebagai program dukungan untuk menyebarkan kegembiraan membaca bagi semua kalangan terutama bagi mereka yang membutuhkan. Tahun lalu Pemerintah Provinsi Jawa Timur bersama Bazar Buku Big Bad Wolf telah membagikan ratusan buku kepada Perpustakaan Kabupaten Malang yang mendapatkan penghargaan lomba perpustakaan desa (perpusdes) tingkat nasional dan memberikan ratusan buku kepada Gereja Sangkakala Kowani, Perpusdes Gampingan Padak, Perpusdes Aqila, dan Putri Sampah di Bantar Gebang. Bazar Buku Big Bad Wolf berkomitmen untuk bisa selalu memberikan dampak langsung kepada masyarakat Indonesia. Buku–buku yang didonasikan diharapkan dapat bermanfaat dalam memajukan pendidikan dan menjadi semangat baru untuk lebih gemar membaca.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.