SISBAK MORTIR COMPUTER BASED, TAMPIL DALAM INDODEFENCE 2018


SISBAK MORTIR COMPUTER BASED, TAMPIL DALAM INDODEFENCE 2018

Bertempat di Hall B-3 JI Expo Kemayoran Jakarta Pusat, Stan TNI AD dalam Indo Defence Expo 2018, Markas Besar Angkatan Darat yang diwakili Pusat Penelitian dan Pengembangan Angkatan Darat, salahsatu alat pendukung Alutsista yang ditampilkan adalah Sistem Penembakan Mortir (Sisbak Mortir) yang berbasis Komputer.

Menurut Letkol Trikoranto, bahwa Sisbak Mortir Coputer Based ini adalah hasil pengembangan Litbang Ditzi TNI AD bekerjasama dengan PT Hariff Daya Tunggal Engineering Bandung, ini merupakan hasil modernisasi penembakan mortir manual, untuk menemukan titik koordinat peninjau dan jarak sasarannya, semua berbasis digital, kalau dahulu dihitung manual sehingga membutuhkan waktu 30 menit, namun dengan adanya Display Pusterbak ini hitungan pencapaian titik koordinat dan jarak sasaran oleh komputer, sehingga hasilnya lebih cepat dan tepat sasaran, alat ini juga akan menghasilkan kecepatan titik tembak, tegasnya.


Sistem manual juga dalam penembakan selalu mengandalkan perkiraan saja saat menembak, sehingga kemungkinan meleset sangat tinggi, namun dengan Sisbak Mortir ini akurasinya lebih tepat, karena menggunakan infra reet untuk mencapai titik tembak, dan Sisbak Mortir ini bisa dipasang pada alat tembak apa saja dan bisa dibawa ke satu tempat, ketempat lain dengan mudah, ini hasil penelitian infantri, tambah Letkol Trikoranto.

Disamping itu dalam mendukung tugas TNI, dalam Indo Defence Expo 2018 ini, Stand TNI AD juga menampilkan ROBOT SONAR ROV, dimana Sonar Row ini merupakan Robot untuk menangkap Citra Digital dan Memetakkan denah ruang, dan Sonar Rov ini merupakan hasil kajian dari Litbang Direktorat Zeni TNI AD.


Disamping itu Robot Sonar Rov yang dikendalikan oleh Remote Control dengan Beterai serta dilengkapi dengan CCTV dan detektor ini, merupakan Robot pendeteksi awal untuk melihat posisi dan ruangan lokasi yang kita ingin petekan.

Robot Sonar Rov juga digunakan untuk membantu tim Jihandak di TNI AD, misalkan disuatu tempat diduga ada BOM maka untuk memberikan masukan untuk deteksi awal kita gunakan Robot Sonar Rov ini, dengan bodi yang ramping dan dengan kamera dan pemancar yang bisa bergerak akan memudahkan saat deteksi dini, untuk melihat suatu benda di dalam ruangan, ungkapnya. (Nrl)

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.