Dr Ferdinand F Tumewu : Cegah Penyakit, Masyarakat Agar Mengantisipasi Musim Penghujan

Dr Ferdinand F Tumewu : Cegah Penyakit,  Masyarakat Agar Mengantisipasi Musim Penghujan

Beberapa daerah di Indonesia saat ini sudah memasuki musim penghujan, pada saat pancaroba maupun saat musim penghujan tersebut adalah saat-saat rawan penyakit untuk itu Pemerhati Masyarakat Dokter Ferdinand F Tumewu menghimbau masyarakat agar mengantisipasi adanya ancaman penyakit di saat musim penghujan tersebut.

Lebih jauh dijelaskan bahwa berbagai penyakit yang bisa timbul saat musim penghujan seperti infeksi saluran pernapasan, karena cuaca udara yang dingin kemudian adanya perubahan virus, dimana kondisi tubuh bisa mengalami kelemahan dan bisa mengakibatkan radang infeksi maupun non infeksi, di mana radang infeksi Penanganannya membutuhkan waktu yang lama, seperti infeksi saluran pernapasan atas dan bawah, untuk itu masyarakat harus bisa menyikapinya dengan menggunakan baju yang tebal serta jangan keluar malam-malam apalagi mereka yang punya penyakit kronis seperti paru-paru agar lebih waspada saat musim penghujan.

Perubahan cuaca juga bisa mengakibatkan efek pada air karena hujan yang deras mengakibatkan faktor adanya limbah dan tempat yang mudah di hinggapi penyakit, seperti penyakit demam berdarah bahkan sampai Malaria atau juga Tipus, Kolera Disentri, ini sangat bisa merusak daya tahan tubuh, terutama pencernaan makanan, untuk itu asupan tubuh seseorang juga harus diwaspadai, kita tidak boleh menggunakan air kotor, sebaiknya air dimasak terlebih dahulu supaya kuman mati, kalau perlu menggunakan air minum yang bersih yang sudah standar, tegas Dokter Spesialis Mata yang juga Musisi Golden Band ini.

Saat musim penghujan orang tua juga harus perhatikan anak-anak, karena anak sangat rentan dengan perubahan cuaca, seperti Diare karena air kotor dan virus, untuk itu jangan sampai terjangkit penyakit.

Berbagai langkah-langkah bisa dilakukan disaat musim penghujan, mengkonsumsi makanan dan minuman yang berguna bagi tubuh seperti susu yang mengandung multivitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga penyakit yang akan menjangkit kita melalui udara dan tubuh bisa segera ditangkal.

Disamping itu asupan berupa buah dan sayuran juga sangat dibutuhkan tubuh kita karena keduanya mengandung antioksidan yang bisa menetralisir racun racun yang akan dikeluarkan dari pembuangan, sehingga daya tahan tubuh kita semakin kuat, tegas Dr Ferdinand. (Nrl)

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.