Di Bandung, Bocah 15 th pun Belajar Ilmu Dasar Militer

Di Bandung, Bocah 15 th pun Belajar Ilmu Dasar Militer

Bila mendegar istilah ilmu kemiliteran, sebagian besar orang akan beranggapan bahwa itu merupakan suatu kegiatan yang keras dan sangat melelahkan. Karenanya, sekalipun baru bersifat dasar, ilmu  kemiliteran biasanya hanya diikuti oleh manusia berusia dewasa. Tapi anggapan tersebut telah sirna dan dihapus oleh para siswa SMA Terpadu Krida Nusantara Bandung.

Memang tak mudah untuk bisa resmi diakui menjadi siswa SMA yang beralamat di Cibiru, Bandung, itu. Alif Rizqi Firdaus (15th), misalnya. Siswa Kelas X MIPA-4 itu untuk berhak menggunakan baret biru kebanggaan SMAT tersebut harus menjalani berbagai program sekolah, salah satunya dengan belajar dan mendemokan ketrampilan ilmu dasar militer di hadapan para guru, seluruh orang tua wali murid, serta para undangan lainnya.


Berbagai jenis demonstrasi ketrampilan digelar dalam rangka penutupan pendidikan (Tupdik) masa basis 3 bulan pertama bagi para peserta didik baru SMA Terpadu Krida Nusantara Bandung Angkatan XXIII TP. 2018/2019, di Kampus SMA Terpadu Krida Nusantara, Cibiru, Bandung, Selasa (16/10).

Alif Rizqi Firdaus merupakan salah satu siswa baru yang ikut mendemokan ilmu dasar militer tersebut. Putra tunggal dari pasangan bahagia Kolonel Laut (S) Agus Supriadi dari Malang, Jawa Timur dengan Putri Bandung, Eli Sulistiowati yang dari TNI AU itu mengikuti rangkaian kegiatan tupdik masa basis 3 bulan pertama sejak sabtu lalu.



Adapun materi yang diperagakan terdiri dari: latihan baris-berbaris, senam balok, senam tongkat, beladiri militer Yongmoodo dan marching band. Para siswa sangat antusias dan penuh semangat dalam melakukan rangkaian kegiatan.

Tujuan dilaksanakan kegiatan ini untuk membentuk mental, fisik dan disiplin serta terampil agar nantinya mampu melaksanakan fungsi dan tugas tanggungjawabnya sehari-hari baik di sekolah maupun di luar sekolah.

Sementara itu para peserta didik baru SMA Terpadu Krida Nusantara Bandung Angkatan XXIII TP. 2018/2019 sebanyak  302 siswa yang terdiri dari Jurusan MIPA 8 kelas, dan Jurusan IPS 4 kelas.**

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.