Megawati Andi Paturusi Bersama PERNUSA, Siap Membangun Indonesia Timur

Megawati Andi Paturusi Bersama PERNUSA, Siap Membangun Indonesia Timur

Pedesaan dikenal sebagai tempat yang nyaman, indah, adem ayem dan penuh kedamaian, namun tidak dipungkiri bahwa desa identik dengan sebuah potret buram yaitu “kemiskinan”. Citra buruk itulah yang hendak dihapus oleh seluruh jajaran Perjuangan Rakyat Nusantara (PERNUSA), dengan membangun masyarakat desa yang tangguh dan ekonominya meningkat, guna memperkuat perkotaan, hal tersebut diungkapkan Megawati Andi Paturusi sebagai Ketua Harian DPP Pernusa Bidang Ekonomi dan Gotong Royong.

Lebih jauh Megawati menilai bahwa pembangunan desa yang diamanatkan dalam Undang-Undang tentang Desa telah dilaksanakan dengan baik oleh Pemerintahan Jokowi, seperti penggelontoran dana desa serta pembangunan sarana dan prasarana desa, seperti akses jalan maupun irigasi di pedesaan, untuk itu PERNUSA akan memfasilitasi dalam memberikan pelatihan ketrampilan dalam mengolah produk pertanian, perkebunan maupun kerajinan masyarakat, serta membantu memasarkan melalui jaringan PERNUSA yang ada di seluruh Indonesia, fasilitas pembangunan jalan maupun pelabuhan saat ini harus kita maksimalkan dalam mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat desat, tegasnya.


Megawati Andi Paturusi juga mengaku akan terus berjuang bersama PERNUSA untuk melakukan kegiatan-kegiatan dalam pemberdayaan masyarakat kecil, seperti membentuk koperasi kebutuhan pokok masyarakat kecil di beberapa desa, sehingga masyarakat pedesaan dapat memberoleh kebutuhan pokok dengan harga murah.

Disamping itu Koperasi juga akan dibentuk dalam upaya memasarkan produk-produk masyarakat pedesaan, dengan sarana jalan dan pelabuhan di beberapa daerah, agar dapat di pasarkan di perkotaan, melalui Koperasi Simpan Pinjam juga diharapkan akan membantu masyarakat dibidang permodalan, PERNUSA juga akan memfasilitasi kerjasama dunia perbankkan untuk memberikan pembinaan pada UKM dan Koperasi, tegas Megawati.


Sementara Ketua Umum Perjuangan Rakyat Nusantara, Kanjeng Pangeran Norman Hadinegoro juga menambahkan, bahwa Megawati Andi Paturusi memiliki rekam jejak yang bagus dalam membangun ekonomi kerakyatan di Makassar. Dan penunjukkan sebagai pengurus DPP PERNUSA bidang Ekonomi dan Gotong-royong, maupun Koordinator PERNUSA wilayah Indonesia Timur, hal tersebut guna membesarkan PERNUSA melalui program nyata berbasis pemberdayaan ekonomi kerakyatan serta ekonomi berbasis pedesaan yang selama ini telah dilakukan Megawati Andi Paturusi.

Yang tidak kalah penting adalah semangat gotong-royong masyarakat desa yang harus tetap di lestarikan bahkan dikembangkan, karena gotong royong adalah budaya traditional Indonesia, warisan bangsa yang telah diakui dunia dan sangat dibanggakan di Indonesia itu sendiri. Bagaimana dengan Gotong-royong kita bisa kerja sama untuk suatu tujuan tertentu untuk kepentingan bersama, demi kebahagian hidup bersama dan bermasyarakat. Bahkan sejarah Indonesia mencatat bahwa gotong royong telah menjadi element penting dalam kehidupan bernegara di Indonesia, betapa dahsyatnya pengaruh gotong royong dalam bangsa Indonesia, semangat gotong-royong inilah yang akan terus dikembangkan DPP PERNUSA di seluruh Indonesia, tegasnya.


KP Norman Hadinegoro juga berharap agar Kiprah PERNUSA dapat semakin luas, dan kini telah dibentuk kepengurusan di Provinsi Sulawesi Selatan, sehingga program Pemerintah Jokowi yang saat ini menggenjot pembangunan infrastuktur Jalan, Pelabuhan dan Tol Laut dapat di manfaatkan dengan baik, untuk meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat pedesaan.

Tokoh Nasional yang juga Tim Sukses Independen Jokowi ini melihat bahwa Pembangunan Indonesia saat ini adalah wujud nyata dari program Presiden Jokowi dalam pembangunan daerah tertinggal maupun daerah pedesaan, agar konektivitas antar kabupaten/kota, provinsi dan nasional menjadi mudah dan praktis sehingga akan menaikkan dinamika sosial dan ekonomi, yang berdampak pada naiknya pendapatan masyarakat secara luas, tegasnya.(SP)

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.