Mahasiswa Baru Pasca Sarjana Unindra Ikuti Kuliah Perdana

Universitas Indraprasta PGRI (UNINDRA), dalam mengawali perkuliahan bagi mahasiswa baru program Pasca Sarjana (S2), dengan Kuliah Perdana yang diisi oleh Dosen Pasca Sarjana Unindra,  Prof.Dr Wisnijati dengan materi “Aplikai Statistika”, seluruh peserta berjumlah 880 Mahasiswa Baru Program Pasca Sarjana Magister Pendidikan (M.Pd), adalah dari Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Magister Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Magister Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris.

Dalam sambutannya didepan Sidang Senat Terbuka Pengenalan Mahasiswa Baru Program Pasca Sarjana, Rektor Unindra Prof. H Sumaryoto menegaskan, bahwa sesuai dengan perkembangan kurikulum 2014, sebagaimana edaran Dirjen Dikti, Kemdikbud penataan kurikulum  program Pasca Sarjana, Unindra pada 2 tahun kedepan dituntut untuk segera menyesuaikan, dimana nantinya untuk Program Pasca Sarjana harus menyelesaikan 72 SKS, dengan komposisi perkuliahan 32 SKS dan 40 SKS untuk Penelitian sampai tesis, dan batas kuliah nantinya hingga 4 tahun, dan hal tersebut akan berlaku 2 tahun kedepan, oleh sebab itu dirinya mengajak seluruh mahasiswa baru Program Pasca Sarjana yang saat ini dikukuhkan, agar benar-benar mempersiapkan diri secara efektif mengikuti perkuliahan dengan bersungguh-sungguh, sehingga tidak tekena penerapan peraturan baru tersebut, pinyanya.


Sementara sebagaimana perkembangan kedepan, pada 2015 akan berlaku kawasan Masyarakat Ekonomi Asean, disini akan terjadi lalu lintas barang serta Manusia tanpa ada batas lagi, dan bisa jadi tenaga guru maupun dosen akan diisi oleh tenaga dari Negara-negara Asia Tenggara, untuk menghadapi hal tersebut seluruh Lembaga Pendidikan juga dituntut untuk dapat menyesuaikan guna mendukung Standar Pendidikan untuk memiliki kualifikasi akademik dan kompetensi dalam menghadapi Kawasan Bebas Asean tersebut.

Artinya Lembaga Pendidikan harus menyesuaikan diri dalam menghadapi masyarakat Ekonomi Asean tersebut, dimana akan terjadi persaingan tenaga kerja yang tidak ada kendala lagi, dimana 10 negara Asia Tenggara akan bersaing, oleh sebab Unindra juga terus berupaya meningkatkan kualitas akademik maupun kurikulum, termasuk menanamkan Budi Pekerti dan aturan sebagaimana ajaran agama yang kita anut.

Untuk meningkatkan proses pembelajaran, Unindra akan terus membangun sarana dan prasarana akademik, saat ini Unindra juga tengah membangun kampus yang cukup besar, serta guna memenuhi persyaratan akreditasi lembaga, jikalau masih ada kekurangan disana-sini agar bisa dimengerti, namun pihaknya akan terus membenahi serta menata kondisi proses akademik yang lebih baik, sebagaimana prinsip kemandirian yang dikelola dengan amanah.

Dalam program Studi Magister Pendidikan ini, Unindra akan terus menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran secara efektif untuk menghasilkan tenaga ahli dalam bidang pendidikan dan pengajaran yang unggul dan berdaya saing, serta Menyelenggarakan penelitian dalam bidangnya, serta menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, ungkap Prof. Sumaryoto.

Sementara dalam paparannya, Prof Wisnijati menegaskan, bahwa dengan mata kuliah Aplikai Statistika, akan dapat mendukung penyusunan thesis, Statistika, yang nantinya  juga digunakan dalam berbagai ilmu, baik sosial, ekonomi, psikologi dan ekstrakta. Misalkan digunakan untuk menghitung jumlah penduduk, membuat grafik, juga untuk menunjukkan berbagai kebudayaan di Indonesia. (Pry)


0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.