Sudin Dikmen Jaktim Bangun SDM Mulai Dari Pendidikan PAUD

Menurut Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional mengamanatkan dengan tegas perlunya penanganan pendidikan anak usia dini, hal tersebut dapat dilihat pada pasal 1 butir 14 yang menyatakan bahwa “ Pendidikan Anak Usia Dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut”.

Menurut Kepala  Suku Dinas Pendidikan Menengah Kota Administrasi Jakarta Timur, Drs. Budiana, MM, bahwa  Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sebagai strategi pembangunan sumber daya manusia Indonesia memiliki peran yang sangat strategis mengingat bahwa usia dini merupakan masa keemasan dalam perkembangan otak dan karakter anak (the golden age).

Lebih jauh dijelaskan, bahwa pertumbuhan dan perkembangan anak pada usia dini bahkan sejak dalam kandungan sangat menentukan kualitas kesehatan, kecerdasan dan kematangan emosional manusia pada tahap berikutnya. Dengan demikian investasi pengembangan anak usia dini merupakan investasi yang sangat penting bagi sumber daya manusia yang berkualitas. Untuk menciptakan sumber daya yang berkualitas tersebut maka Kasudin menandaskan, sangatlah penting peranan para pengelola dan Pendidik PAUD guna menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas.

Mengingat pentingnya peranan PAUD dalam membangun kualitas sumber daya manusia, maka pada tahun 2014 Sudin Dikmen Kota Administrasi Jakarta Timur menyelenggarakan sejumlah kegiatan kegiatan untuk meningkatkan kualitas pelayanan PAUD di Jakarta Timur. Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka peningkatan kualitas PAUD pada tahun 2014, yaitu : Lokakarya Penanggung Jawab PAUD, Bimbingan Teknis Pengelola PAUD, Peningkatan Kompetensi Pendidik PAUD dan Pendampingan Psikologi Anak kepada Pendidik PAUD.

Lebih lanjut Budiana menjelaskan bahwa kegiatan dalam rangka peningkatan kualitas PAUD tersebut akan terus diprogramkan setiap tahun. Di Jakarta Timur terdapat hampir 700 Lembaga PAUD dengan jumlah tenaga pendidik hampir 3.000 orang. Setiap tahun rata-rata Sudin Dikmen hanya mampu mengundang 100 sampai 150 orang untuk dilakukan bimbingan teknis.

Agar dapat mencapai hasil optimal, Sudin Dikmen Jaktim menggandeng para nara sumber yang ahli di bidang pendidikan anak usia dini, antara lain : Direktorat Jendral PAUDNI, Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, UNJ, UIN, Uhamka, Stiffin dan Eminent Consulting Psikolog, dll.

Melalui berbagai kegiatan tersebut diharapkan kompetensi para pengelola PAUD di Jakarta Timur terus meningkat sehingga dapat mendidik anak dengan baik serta dapat menghasilkan anak- anak Indonesia yang unggul.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.