Kwarcab Jaktim Gelar Lomba Gugus Depan Tergiat

Sebagaimana program rutin tahunan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Jakarta Timur, dalam meningkatkan kualitas Gugus Depan maupun Pembina Pramuka yang ada, kini Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Jakarta Timur menggelar kegiatan “Lomba Gugus Depan Tergiat”, acara diawali dengan pembekalan pada para Pembina Pramuka serta pendamping di pangkalan Gugus Depan yang akan dinilai.  Sehingga  dalam penilaian nantinya tidak ada kecurigaan dan benar-benar sesuai kondisi di Gugus depan yang ada. Hal tersebut diungkapkan Ketua lomba yang juga Waka Kwarcab Jaktim juga Andalan Kwarda Gerakan Pramuka DKI Jakarta,  Kak Karyono saat ditemui dalam acara pembekalan di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta.

Lebih jauh Kak Karyono menegaskan, bahwa peserta lomba Gugus Depan Tergiat tingkat Kota Administrasi Jakarta Timur, merupakan perwakilan dari Kwartir Ranting atau tingkat Kecamatan, diantaranya Gugus Depan yang berpangkalan di Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Umum (SMA/K) yang ditunjuk Kwaran masing-masing, jadi jumlah seluruh peserta ada 30 Gugus Depan dari 10 Kwaran Se-Jakarta Timur. Lomba ini juga sebagai upaya mendorong peningkatan kualitas kegiatan maupun kondisi Gugus Depan, tegas Kak Karyono.

Kak Tikrawati yang juga panitia lomba Gugus Depan Tergiat juga menambahkan, bahwa kegiatan lomba kali ini akan dititikberatkan pada penilaian Administrasi Gudep, sarana prasarana latihan Kepramukaan, Kegiatan yang sudah dan akan dilakukan, prestasi Gugus depan serta penilaian lain.

Di Buperta kali ini kita mengundang  Pembina dan pendamping dari 30 peserta lomba Gudep tergiat, untun memberikan pengarahan serta pemantapan dalam penilaian yang akan dilakukan mulai 29 Juni 2014, melalui kegiatan ini kita berharap kepramukaan di Jakarta Timur semakin giat dalam membina Pramuka di pangkalan masing-masing.

Program ini juga sebagai bentuk evaluasi pembinaan dari Kwaran maupun Kwarcab pada Gugus Depan yang berpangkalan di SD, SMP maupun SMA/K di Jakarta Timur, kita akan ambil prestasi terbaik, yaitu Gudep tergiat, dan akan diambil juara 1, 2 dan 3, yang nantinya akan disertakan dalam lomba Gugus Depan Tergiat tingkat Provinsi, dan lomba ini juga untuk memotivasi Gugus Depan lainnya untuk melakukan pembinaan Kepramukaan pada para Pramuka di Jakarta Timur, tegas Kak Tikrawati.

Sementara ditempat yang sama Ketua Kwartir Ranting Kecamatan Matraman, Kak Budi Ichtiari, SPd, saat ditemui wartawan juga mengaku sangat bersyukur dengan kegiatan lomba kali ini, sehingga seluruh Gugus Depan akan semakin tertata, dan seluruh pengurus Gugus Depan di Jakarta Timur semakin giat dalam menata, baik administrasi maupun pembinaanya, ungkapnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.