KAKWARDA DKI KUNJUNGI KWARCAB JAKTIM

Setelah resmi dikukuhkan oleh Ketua Kwarnas, Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Provinsi DKI Jakarta, Kak.Sylviana Murni, melakukan kunjungan ke Kwarcab Jakarta Timur, Rabu (23/4), meski kehadiranya mundur akibat terjebak macet di Tol hingga 3 jam, namun seluruh jajaran Kwartir Cabang Kota Jakarta Timur, tetap antusias menyambut hingga acara usai.

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Jakarta Timur, Drs. H. Ibnu Hajar, dalam paparannya didepan jajaran Kwarda DKI Jakarta mengatakan, kegiatan kepramukaan di wilayah Jakarta Timur mulai meningkat, hal ini dikarenakan adanya kerjasama antara Walikota selaku Ketua Mabicab, Kwarcab, Sudin Dikdas, Sudin Dikmen dan Sudin Olahraga dan Pemuda Jakarta Timur.


Peningkatan itu juga dikarenakan dengan adanya Undang-Undang No. 12/2010 tentang Gerakan Pramuka dan Peraturan Mendiknas No. 81a/2013 tentang kurikulum wajib Pramuka di sekolah. “Dengan adanya dua hal tersebut diatas gerakan Pramuka janganlah terlena dan ketergantungan, mengingat masih banyak kekuarangan sumber daya manusianya, yaitu para pembina di sekolah-sekolah serta masih banyak memakai seragam Pramuka hanya sebagai simbol,” ujar Ibnu.

Menurutnya, atas dasar tersebut perlu dukungan dan kerja sama semua pihak baik kwartir, aparat pemerintahan, masyarakat dan elemen-elemen lainnya sehingga gerakan pramuka dapat lebih meningkat dan dekat dihati masyarakat. “Dari masalah tersebut maka perlu adanya gedung kwartir sekretariatan ditiap-tiap kwartir ranting, kecamatan dan kota, cabang yang mandiri, adanya kursus-kursus yang beroreinatasi kepada sumber daya bagi para pelatih dan pembina, adanya kegiatan yang menarik bagi peserta didik murahnya tempat berkemah bagi anggota pramuka sehingga dapat mengembangkan keterampilan, adanya dukungan moril dan materil dari pihak pemerintah dan masyarakat serta elemen-elemen lainnya,” papar Ibnu.

Dalam acara kunjungan tersebut, Kak Sylviana Murni mengaku kegiatan ini sebagai bentuk silaturahmi pada seluruh anggota pramuka, apalagi Pramuka sudah menjadi ekskul wajib di sekolah, sehingga nilai-nilai kepramukaan akan kian dikembangkan dalam dada pramuka,” tegasya.

Dalam pesannya “Pramuka harus profesional, punya jaringan kuat dan sehat,” sebagaimana Kwarda setelah dikukuhkan langsung menjalin kerjasama dengan LIONS CLUB maupun Artha Graha Peduli serta lembaga lain untuk mendukung kegiatan kepramukaan,

oleh sebab itu Kwarcab Jakarta Timur juga harus mampu membangun networking dengan pihak lain, baik dunia usaha maupun instansi terkait di tingkat kota Jakarta Timur, seluruh Sudin harus mampu memanfaatkan kerjasama dengan Pramuka, dan saya yakin pramuka akan siap mendukung program yang ada, tegas Deputi Gubernur DKI Jakarta bidang Pariwisata dan Kebudayaan ini. Sebagaimana keluhan Kwarda Jaktim yang sekretariatnya masih nebeng di kantor Walikota Jaktim, Kak Sylviana Murni mengaku akan terus melakukan koordinasi dengan Walikota maupun BKD DKI, untuk secepatnya memberikan sarana bagi Pramuka Kwarcab Jaktim, apalagi banyak gedung milik Pemda DKI di Jakarta Timur yang tidak termanfaatkan dengan baik, oleh sebab itu untuk mendukung kegiatan Kepramukaan dalam membantu masyarakat, hendaknya bisa memfasilitasi Kwarcab Jakarta Timur agar memiliki sekretariat sendiri, tegasnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.