Ketua Kwarda DKI Sylviana Murni Kukuhkan Pengurus Saka Pariwisata

Menindaklanjuti surat edaran Kwartir Nasional agar seluruh Kwartir Daerah Gerakan Pramuka untuk segera membentuk Saka Pariwisata, bertempat di Balai Agung Pemprov DKI Jakarta, Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka PRovinsi DKI Jakarta, Kak  Sylviana Murni pada Jumat (28/2) secara resmi mengukuhkan pengurus Satuan Karya (Sakar) Pariwisata Kwarda DKI Jakarta.

 Dalam  pesanya Kak Sylviana Murni meminta pada seluruh Saka yang ada di Kwartir Daerah Provinsi DKI Jakarta ini untuk berperan aktif dalam kegiatan di Saka masing-masing, dengan terobosan-terobosan pembinaan, Pramuka Provinsi DKI Jakarta harus mampu tampil terbaik serta dapat menjadi contoh bagi Pramuka daerah lain, harapnya.

Sementara Ketua Saka Pariwisata Kwarda DKI Jakarta, Kak Prawito juga menambahkan, bahwa Saka Pariwisata sebagai wadah pendidikan bagi anggota Pramuka untuk mengembangkan keterampilan di bidang pariwisata. yang meliputi Krida Penyuluh Pariwisata, Krida Pemandu Wisata, dan Krida Kuliner Wisata.

Melalui pelatihan Kepariwisataan ketiga hal tersebut, diharapkan dapat mendukung dan menyukseskan program Sadar Wisata yang meliputi prinsip Sapta Pesona yaitu Aman, Tertib, Bersih, Ramah, Sejuk, Indah, dan Kenangan Terakhir. selain itu, pembinaan tersebut juga dimaksudkan agar para anggota Pramuka dapat menjadikan pariwisata sebagai pilihan profesi mereka di masa depan. "Siapa tahu ada anggota yang tidak mampu secara keuangan, sehingga tidak mampu melanjutkan kuliah ke jenjang universitas. Tapi dengan keterampilan pariwisata yang mereka miliki, mereka menopang diri bekerja di bidang pariwisata, Kami ingin seluruh anggota Pramuka baik Siaga, Penggalang, Penegak maupun Pandega agar menghayati apa itu pariwisata dan gunanya apa "  tegas Kak Prawito.

Sementara ditempat yang sama, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta yang juga anggota Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Provinsi DKI Jakarta Kak Arie Budiman juga menegaskan, bahwa Disparbud DKI menyambut baik dibentuknya Satuan Karya Pariwisata ini, dan Saka Pariwisata ini merupakan Steak Holders yang bisa memberikan kontribusi positif pada kepariwisataan disamping membangun Karakter Kepemudaan itu sendiri, oleh sebab itu Disparbud akan segera menyusun langkah-langkah kongkrit bersama pengurus Saka Pariwisata Kwarda DKI ini, tegasnya.

Kak Arie Budiman juga mengaku Pramuka sebagai organisasi Kepandukan memiliki kraativitas yang baik serta berbasis kepedulian terhadap masyarakat, oleh sebab itu kedepan perlu juga ada singkronisasi dengan program-program yang ada di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, termasuk di seluruh Sudin Pariwisata dan Sudin Kebudayaan, harapnya.

Kepala Dinas Pendidikan DKI, Kak Lakso Marbun juga menegaskan, bahwa seluruh satuan kerja di Dinas Pendidikan termasuk Unit Pelaksana Teknis Pendidikan dan Latihan di Dinas Pendidikan DKI Jakarta siap mendukung kegiatan seluruh Saka yang ada, Saka Pariwisata bisa memanfaatkan fasilitas Laboratorium dan Pusdiklatjur baik di SMK Pariwisata untuk pembinaan Saka Pariwisata,  yang meliputi Krida Penyuluh Pariwisata, Krida Pemandu Wisata, dan Krida Kuliner Wisata. Sehingga Pramuka Wisata benar-benar Mahir dibidang yang mereka tekuni, ungkapnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.