Festival Kuliner Pecenongan Sarana Pelestarian Budaya dan Kuliner

Jalan Pecenongan diwilayah Kota Jakarta Pusat memang unik, kalau siang hari berjejer toko yang menjual aneka onderdil kendaraan mobil, namun menjelang malam daerah tersebut berubah fungsi menjadi pusat jajanan, mulai dari masakan Chinesfood, masakan Nasional maupun masakan khas Betawi, dan kondisi tersebut sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda, sehingga keberadaan Wisata Kuliner di Jakarta Pusat tersebut cukup dikenal di Mancanegara.

Dalam mendukung kawasan Wisata Kuliner tersebut, Pemerintah Kota Jakarta Timur juga membuat program rutin dengan Festival Kuliner Pecenongan, dimana keberadaan pedagang makanan tersebut dilakukan penilaian, baik kualitas masakan maupun rasa, dan yang terbaik memperoleh penghargaan dari Pemkot Jakarta Pusat.

Banyaknya hotel di kawasan tersebut, panitia juga menyertakan juru masak hotel untuk menyajikan menu terbaik,  Puluhan chef dari berbagai restoran dan hotel di Jakarta beradu ketrampilan menyajikan masakan dalam Festival Pecenongan yang digelar di sepanjang Jalan Pecenongan, Jakarta Pusat.

Festival Kuliner di Pecenongan itu, selain menyajikan berbagai masakan juga menghibur para pengunjung dengan berbagai atraksi kesenian. Selain barongsai, juga diadakan pertunjukan  Chinese Music, Orkes Melayu, Gambang Kromong, ondel-ondel dan gamelan Jawa lengkap dengan sindennya.

Walikota Jakarta Pusat H Saefullah dalam kesempatan tersebut berkesempatan membagikan ratusan voucher yang nilainya  Rp. 20.000,- per voucher kepada pengunjung yang memadati kawasan Pecenongan, untuk dapat digunakan membeli makanan atau minuman yang mereka inginkan, dan berharap dengan digelarnya aneka kesenian ini akan mampu meningkatkan kunjungan masyarakat untuk makan dan berbelanja di Pecenongan ini, paparnya.


0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.