Napak Tilas Proklamasi Bangun Semangat Kejuangan

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa-jasa para pahlawannya, hal tersebutlah yang terus dilakukan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, melalui Upt Museum Jaong 45 dalam mengembangkan dan menumbuhkan semangat kejuangan bagi generasi muda, salahsatu kegiatan yang rutin dilakukan adalah melalui kegiatan Napak Tilas Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Sekitar seribu peserta turut ambil bagian dalam kegiatan ini, mulai dari Pejuang pelaku sejarah, Veteran, Ormas, Organisasi Kepemudaan, LSM, Mahasiswa dan Pelajar SD, SMP, SMA/K, serta Komunitas Ontel, Komunitas Penggemar Mobil Kuno hingga Komunitas Kota Tua. Napak Tilas Proklamasi dimulai dari kunjungan ke Rengas Dengklok, Napak Tilas dari Gedung Juang 45 Menteng 31 menuju Museum Naskah Proklamasi dan dilanjutkan ke Tugu Proklamasi. acara tersebut dilepas secara resmi oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan  Provinsi DKI Jakarta DR Arie Budhiman.

Didepan para wartawan Kadisparbud DKI yang juga Ketua Pengurus Daerah Keluarga Besar Putra Putri Polri (KBPPP) DKI Jakarta ini menegaskan, bahwa Napak Tilas Detik-detik Proklamasi ini bukan saja untuk mengenang kembali peristiwa kemerdekaan 68 tahun lalu, tetapi juga untuk mewarisi nilai-nilai kejuangan pada generasi penerus bangsa, dimana ditempat inilah dahulu Ir Soekarno dan Bung Hatta serta para Pemuda dan pejuang bangsa telah memberikan semangat kepada seluruh bangsa Indonesia saat memproklamasikan Kemerdekaan Indonesia untuk menjadi banga yang Merdeka.

Melalui Napak Tilas Proklamasi ini kita juga ingin memberikan semangat dan meningkatkan apresiasi generasi muda, karena mereka adalah pewaris bangsa yang harus mengisi pembangunan bangsa ini, untuk menjadikan Jakarta Baru dan Indonesia Baru menuju masyarakat yang adil dan makmur, kegiatan yang juga dihadiri para pejuang dan veteran juga diharapkan akan mampu memberikan inspirasi kejuangan dan meningkatkan rasa cinta tanah air bagi Pemuda,  papar Arie Budhiman.

Sementara Kepala Upt Museum Joang 45, H Imron SPd, MM juga menegaskan bahwa kegiatan Napak Tilas yang didahului dengan ziarah ke Rengas Dengklok adalah kegiatan rutin Museum Joang 45, dalam memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, dimana pada 17 Agustus 1945, Ir Soekarno – Bung Hatta telah memproklamirkan kemerdekaan RI. Oleh sebab itu dengan Napak Tilas Proklamasi seperti ini juga diharapkan akan mampu meningkatkan semangat nasionalesme, semangat juang, semangat partiotisme sehingga para Pemuda akan lebih cinta tanah air dan terus membangun rasa persatuan dan kesatuan bangsa yang Bhineka Tunggal Ika, paparnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.