Jamaah Mushola Al-Hidayah Pinang Ranti dan RAPI Jaktim, Gelar Ziarah Wali Songo serta Makam Gus Dur

Ziarah Wali Songo atau juga dikenal dengan istilah Wisata Religi, adalah perjalanan ziarah atau berkunjung dan berdoa di makam sembilan wali yang menyebarkan agama Islam di Nusantara. Lima makam wali berada di wilayah Jawa Timur, tiga makam di antaranya berada di Jawa Tengah, dan satu makam di Jawa Barat.

Wiarah Wali Songo  juga dilakukan Jamaah Mushola Al-Hidayah Pinang Ranti Jakarta Timur, rombongan berangkat dari Jakarta menuju makam Sunan Gunung Jati  Cirebon, makam Sunan Kalijaga di dalam Kabupaten Demak, Sunan Kudus. Ja‘far Shadiq di Kabupaten Kudus  Jawa Tengah, Syekh Maulana Malik Ibrahim, Sunan Giri di Gresik, Sunan Drajat di Lamongan, Sunan Bonang di Tuban, Makam Sunan Muria, hingga ziarah ke Makam KH. Kholil bin KH.Abdul Latif di Madura Jawa Timur serta makam Ulama yang juga Mantan Presiden RI, KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Rombongan yang dipimpin oleh Ustad H Gozali Badar tersebut juga disertakan beberapa pendamping yang akan memberikan tuntunan rohani oleh Ustad Mansyur dan H Wisnu Adjinoto, menurut Ust H Gozali rombongan kali ini juga banyak diikuti oleh Komunitas pengguna Radio Komunikasi yang tergabung dalam Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Kota Administrasi Jakarta Timur. Kegiatan ziarah juga diisi dengan Renungan, Doa dan Zikir, diharapkan akan memberikan tuntunan pada kita semua untuk dapat meneladani perilaku para Wali, dalam kehidupan kita, paparnya.

Hal senada juga diungkapkan Ketua RAPI Wilayah 05 Kota Jakarta Timur, H Wisnu Adjinoto, bahwa Ziarah Wali Songo seperti ini merupakan kegiatan rutin tiap tahun bagi Mushola Al-Hidayah Pinang Ranti maupun anggota RAPI, dimana setiap hari kita disibukkan dengan kegiatan kita masing-masing, namun kini kita satu tujuan untuk meningkatkan iman dan taqwa kita pada Allah SWT melalui wisata religi.

Sebagaimana biasa kita juga mengajak jajaran Pemkot Jakarta Timur, namun karena Lurah dan Camat sedang mengikuti Seleksi terbuka camat atau Lelang Jabatan Luran dan Camat se-DKI Jakarta, maka para lurah Pinang Ranti dan Camat Makasar tidak bisa turutserta, namun kita bersyukur karena banyak warga dan Remaja Masjid juga turutserta dalam rombongan ini, mudah-mudahan tahun depan pak Lurah, pak Camat dan Pak Walikota Jaktim  dapat bersama-sama kita dalam Ziarah Wali Songo ini, pinta H Wisnu.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.