Forum Komunikasi P2MKT Diharapkan Mampu Sejahterakan Masyarakat Transmigrasi

Sebagai wahana strategis untuk membangun dialog dan komunikasi terbuka serta terarah, terkait Program Pembinaan Pengembangan Masyarakat dan Kawasan Transmigrasi, khususnya diwilayah Kalimantan, NTT dan NTB, Bertempat di hotel Grand Mentari Banjarmasin,  digelar acara Forum Komunikasi bidang Pembinaan Pengembangan Masyarakat dan Kawasan Transmigrasi.

Dalam sambutannya saat membuka acara tersebut, Dirjen P2MKT Roosari Tyas Wardhani menegaskan, bahwa Forum Komunikasi P2MKT ini, telah memasuki awal triwulan kedua tahun 2012, oleh karena itu forum ini mempunyai arti yang strategis untuk mengevaluasi kinerja tahun 2012, sekaligus mencari pemecahan masalah untuk menyelesaikan tugas di 2012 dan mencermati usulan program dan anggaran berupa kelayakan administrasi dan kelengkapan dukungan teknis usulan program anggaran tahun 2013, yang akan digunakan sebagai acuan dalam penyusunan RKA-KL Pagu Indikatif.

Lebih jaun Roosari Tyas Wardhani juga berharap,  Forum Komunikasi P2MKT ini, tidak hanya sekedar menjadi forum silahturahmi saja, namun lebih jauh dapat menjadi wahana strategis untuk membangun dialog dan komunikasi terbuka serta terarah terutama terkait program pembinaan pengembangan masyarakat dan kawasan transmigrasi.

Saat ini P2MKT melakukan refocussing program dalam upaya akselerasi peningkatan kualitas pembinaan, pengembangan masyarakat, permukiman dan kawasan transmigrasi, untuk tercapainya sasaran kemandirian masyarakat transmigrasi serta kawasan transmigrasi yang berdaya saing, ujarnya.

Melalui forum ini pula, ia berharap para peserta dapat mendiskusikan mengenai capaian kinerja tahun 2012 dan pembahasan lebih detail tentang pelaksanaan Refocussing program P2MKT pada Kimtrans T+3 dan T+4 sehingga pertemuan ini dapat memberikan peningkatan kinerja bidang P2MKT dan kesejahteraan masyarakat transmigrasi.

Tantangan ke depan dalam membangun dan mengembangkan transmigrasi semakin kompleks. Maka dari itu Dirjen P2MKT mengingatkan kepada seluruh jajaran P2MKT agar dapat mendorong peningkatan kinerja dan menciptakan sinergi dalam lingkup pembinaan pengembangan masyarakat dan kawasan transmigrasi. Diakhir sambutannya Dirjen P2MKT juga berharap, agar  pembinaan pengembangan masyarakat dan kawasan transmigrasi, mampu memberikan kontribusi nyata bagi kehidupan berbangsa yang lebih baik, pintanya.

Untuk mendukung program transmigrasi supaya lebih baik dari tahun sebelumnya ia mencoba dengan seluruh jajaran khususnya P2MKT baik pusat maupun provinsi agar dapat menjadi fasilitator dan motivator yang baik, dengan demikian teman-teman transmigran khususnya di Kabupaten/Kota dan yang berada dilokasi yang jauh dapat mempunyai akses terbuka langsung untuk berkomunikasi langsung baik dengan pusat dan daerah sehingga jika ada problem di daerah bisa kita tangani secara bersama-sama.

Saya berharap Forum Komunikasi Bidang Pembinaan Pengembangan Masyarakat dan Kawasan Transmigrasi tidak hanya sekedar menjadi forum silaturahmi, namun lebih jauh menjadi. Forum ini juga dapat digunakan sebagai sarana percepatan penyelesaian beban tugas tahun 2012 serta  pembahasan usulan program dan anggaran tahun 2013.

Forum ini juga diharapkan akan mampu mewujudkan sinergitas program dan kegiatan Pusat dan Daerah, serta kolaborasi program dengan s.ektor terkait di Pusat dan Daerah secara lebih optimal, tambah Ir. Roosari Tyas Wardani, MA.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.