Penghargaan untuk Pencapaian Target Perekaman e-KTP



Program e-KTP atau KTP electronic direncanakan akan rampung akhir 2012. Seluruh penduduk Indonesia saat itu diharapkan sudah memiliki e-KTP. Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi mengemukakan program pembuatan electronic KTP (e-KTP) telah sesuai target, dari target yang semula 67 Juta jiwa yang harus dicapai hingga April 2012 namun target yang dicapai sudah melebihi dari 67 Juta jiwa, hingga April 2012 sudah sebanyak 72 Juta penduduk yang telah berhasil melaksanakan perekaman e-KTP.

                Data 72 juta jiwa yang telah melakukan perekaman e-KTP itu tersebar di 197 kabupaten/kota di seluruh tanah air. Bahkan hingga saat ini sudah ada 5 Provinsi yang sudah berhasil merampungkan 100% perekaman e-KTP. Sebelumnya Mendagri telah memberikan penghargaan kepada provinsi Sumatera Selatan(Palembang) dan juga Sumatera Barat(Padang) yang telah berhasil merampungkan 100% perekaman e-KTP sesuai dengan target.

                Pada akhir April lalu Gamawan Fauzi juga memberikan penghargaan terhadap Provinsi DKI Jakarta yang juga menjadi Provinsi yang sesuai target melakukan 100% perekaman e-KTP. Gamawan menyatakan terkesan dengan pencapaian Pemprov DKI Jakarta ini. Menurut dia, tidak mudah menjalankan program e-KTP di Jakarta karena warganya cenderung sibuk beraktivitas sehingga susah meluangkan waktu demi e-KTP. Karena itu, atas keberhasilan Pemprov DKI, ia merasa perlu memberikan penghargaan.

                Provinsi Bangka Belitung juga sukses dalam menyelesaikan perekaman e-KTP, pada Senin(7/5) Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi memberikan penghargaan langsung kepada Gubernur Bangka Belitung Ir. H. Eko Maulana Ali di gedung DPD Bangka Belitung. Pada bulan lalu penerapan e-KTP di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dari 7 Kabupaten/Kota, 6 Kabupaten/Kota telah menyelesaikan target e-KTP 100%, yaitu Kabupaten Bangka Tengah, Belitung Timur, Bangka Barat, Bangka Selatan, Belitung dan Kota Pangkalpinang. sedangkan Kabupaten Bangka sedang dalam proses penyelesaian, dan sudah mencapai di atas 83%. Dan saat ini Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah menyelesaikan 100% perekaman e-KTP.

                Aceh juga mengikuti jejak Provinsi Bangka Belitung yang telah sukses menyelesaikan perekaman e-KTP. Aceh merupakan satu dari lima provinsi yang berhasil merampungkan proses perekaman pada 30 April 2012. Saat menyerahkan langsung piagam penghargaan kepada penjabat Gubernur Aceh, Tarmizi Karim, dan Ketua DPR Aceh Hasbi Abdullah, Gamawan mengatakan tidak menyangka bila provinsi di ujung barat Sumatera ini bisa menyelesaikan proses perekaman hingga seratus persen.

                Mendagri menargetkan target 172 juta penduduk Indonesia akan selesai pada akhir 2012. Bahkan Mendagri optimis target 172 juta itu akan selesai lebih cepat dari target yang ditentukan dikarenakan banyak provinsi yang termotivasi untuk segera merampungkan target perekaman e-KTP. Semoga dengan penghargaan yang diberikan Mendagri terhadap provinsi yang sukses menyelesaikan perekaman e-KTP dapat diikuti oleh provinsi lain untuk segera merampungkan perekaman e-KTP.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.