Pembekalan Penerima Beasiswa Unggulan Mahasiswa STP Trisakti, UI, Gunadharma dan STBA LIA


Program beasiswa unggulan (Intellectual Social Responsibility) ini sudah dilakukan sejak tahun 2006, dan sudah lebih dari dua ribu mahasiswa putra-putri terbaik bangsa ini, telah memperoleh beasiswa unggulang, termasuk mereka yang Kuliah di Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti, dan untuk pembekalan mereka saat belajar di negara tetangga, Bertempat di Kampus Pesona Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti Bintaro, para mahasiswa penerima Beasiswa Unggulan Study Lanjut ke Luar Negeri, Biro perencanaan dan Kejasama Luar Negeri Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI, memperoleh pembekalan khusus.

 
Yuyun Widyawati, Kepala Fasilitasi Internasional BPK LN Kemendikbud saat membuka acara Pembekalan juga berharap agar para penerima beasiswa unggulan ke luar negeri, dapat berprestasi lebih baik lagi, sebagaimana pesan Mendikbud, di era saat ini, dimana Indonesia akan masuk pada 100 tahun kemerdekaan pada 2045 nanti, bagaimana Indonesia bisa menjadi Negara maju seperti Negara lain di dunia, oleh sebab itu perlu adanya pendidikan tinggi bagi generasi emas, untuk membangun bangsa kedepan lebih baik lagi.

Program studi pariwisata dan hospitality merupakan program yang sangat menantang, dan membutuhkan kreatifitas tinggi, melalui proses nilai pendidikan kepariwisataan berstandar Internasional, dapat meningkatkan kepariwisataan di Indonesia kedepan, apalagi Indonesia dengan kebhinekaannya memiliki aneka ragam seni budaya masyarakat, oleh sebab itu kita juga wajib menjaga karakter bangsa, yang ramah dan santun. Carilah ilmu setinggi-tingginya, namun harus tetap ingat pada Tuhan dan tetap bersyukur, banyaklah belajar dan membaca,  jaga kesehatan saat berada di Negara lain, pinta Yuyun.




Koordinator Biro Perencanaan dan kerjasama Luar Negeri Kemendiknas, Dr.A.B. Susanto Msc juga menambahkan, bahwa Program “Beasiswa Unggulan” merupakan program Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI yang diperuntukkan bagi para mahasiswa yang berprestasi, untuk jenjang S1. S2, S3 ataupun S4, pemerintah akan membiayai seluruh biaya study, namun untuk biaya hidup ditanggung keluarga ataupun sponsor yang akan mengirimkan mahasiswanya.

Dana yang digunakan adalah dana milik rakyat, dari sektor pajak, dan akan kita kembalikan untuk membiayai pendidikan rakyat, jadi siapapun berhak memperoleh beasiswa unggulan tersebut, asal memenuhi kreteria yang diharuskan, sesuai dengan visinya, yaitu guna melahirkan kader terbaik banga yang memiliki pemahaman secara komprehenshif, integritas dan kredibilitas tinggi, serta berkepribadian moderat serta peduli terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara.

Untuk Beasiswa Unggulan kali ini juga diberikan pada mahasiswa dari ST Pariwisata Trisakti, Universitas Sahid Jakarta,Universitas Gunadharma, Sekolah Tinggi Bahasa Asing LIA dan mahasiswa Universitas Indonesia, mereka mengikuti kegiatan pembekalan calon mahasiswa penerima beasiswa unggulan studi lanjut ke Luar Negeri. Pembekalan diberikan oleh para pejabat dilingkungan Kemendikbud untuk membekali mahasiswa saat belajar di luar negeri nantinya, tegas AB Susanto.


Sementara dalam sambutanya, Ketua ST Pariwisata Trisakti, Djoko Soedibyo, SE,MM,Ph.D, menegaskan, bahwa STP Trisakti sangat mendukung program Pemerintah dalam meningkatkan kualitas SDM Generasi Penerus Bangsa, melalui program Beasiswa Unggulan ke Luar Negeri seperti ini, bagaimana mereka dapat menguasai ilmu di era global seperti sekarang ini.

Meskipun mereka dituntut memiliki wawasan dan pemikiran global, namun sebagai duta dari Indonesia harus pula mampu menunjukkan budaya masyarakat Indonesia yang santun, ramah dan bercirikhas senibudaya lokal, oleh sebab itu mereka juga harus memiliki ketrampilan dibidang seni budaya, paling tidak mereka harus bisa menunjukkan atraksi budaya daerah, apakah Tari, memainkan alat tradisional (Angklung, Kulintang atau musik Gamelan) serta bisa menyanyikan lagu-lagu daerah, seperti barusan kita lihat para penerima beasiswa di STP Trisakti, mereka mampu menarikan tarian Maluku, tunjukkan pada bangsa lain, bahwa bahwa bangsa Indonesia tidak kalah dengan bangsa lain, baik dalam ilmu, sikap dan perilaku, bangsa Indonesia adalah bangsa yang berbudaya,   tegasnya.

Saat ini STP Trisakti juga terus melakukan kerjasama dengan beberapa Perusahaan agar memberikan beasiswa pendidikan, demikian juga Yayasan Trisakti juga memberikan beasiswa khusus bagi anak Yatim Piatu, agar mereka dapat belajar dengan baik di STP Trisakti, termasuk juga ikatan alumni STP Trisakti, mereka juga turut memberikan beasiswa pendidikan, dan tiap tahunnya ada 150 mahasiswa memperoleh beasiswa khusus, tambah Djoko Soedibyo, SE,MM,Ph.D 

2 komentar:

Informasinya sangat bermanfaat, berikut ini ada contoh soal psikotes gambar/ BAUM tes, download software gratis, dan download blogger templates seo responsive.

Info yang sangat menarik gan.. sedikit berbagi tips cara jitu untuk bisa lulus psikotes nih, ada banyak lulusan baru yang belum memahami apa itu psikotes, padahal psikotes itu mudah jika tahu trik menghadapinya dan psikotes itu gampang jika tahu cara menjawabnya. Sebelum mengikuti tes ini pelajari dahulu beberapa Contoh Soal Psikotes dan Jawabannya agar mudah ketika mengikuti tes pekerjaan. Terlebih lagi Soal Tes Potensi Akademik juga sangat penting dipelajari agar dapat lulus di Universitas ternama maupun SMA favorit. Selanjutnya adalah tahap wawancara, tahap inipun sangat sulit dilalui apabila tidak mengetahui apa saja yang ditanyakan ketika wawancara. Pertanyaan Wawancara Kerja telah lengkap saya bahas di blog saya tersebut. Terima kasih.

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.