BLUEFORCES JAYAKARTA DUA PULUH EMPAT JAM BERJUANG UNTUK FAUZI-NACHROWI


Mendekati  11 Juli 2012, intensitas warga Jakarta dalam kerja-kerja politik makin menghangat. Mengingat pelaksanaan pesta demokrasi lokal lima tahunan, yakni pemilihan kepala daerah akan segera berlangsung. Kegiatan penggalangan, sosialisasi dan perekrutan kader penggerak di masyarakat mewarnai tingginya intensitas kerja-kerja politik tersebut.  Semua timses dari para kandidat melakukan hal yang sama, pun demikian pula halmya bagi ormas atau LSM yang mendukung enam kandidat yang telah terdaftar di KPUD Jakarta. 

Begitu pula dengan Komite Markas Wilayah Blueforces DKI Jakarta atau yang lebih sering disebut Blueforces Jayakarta. Organisasi massa yang berbasiskan kepemudaan ini merupakan veteran sejak pemilukada tahun 2007 dan berada dalam barisan pendukung Fauzi Bowo.  Dan dimasa menjelang pemilukada Jakarta kali ini, Blueforces berbeda dengan kebanyakan organisasi lain yang berlomba-lomba mendeklarasikan diri mendukung salah satu cagub-cawagub.

 Sejak dari pertengahan tahun 2011 lalu, Blueforces Jayakarta telah melakukan kerja-kerja politik riil dalam menggalang potensi voters melalui dua cara, yakni penggalangan melalui kegiatan sosial dan pendataan pemilih secara door to door. “Periode sebelum tahun 2012 sejak bulan Ramadhan tahun lalu, kami melakukan berbagai kegiatan sosial seperti Berbuka Puasa bersama santunan anak yatim, penyembelihan hewan kurban saat iedul Adha, pendampingan kunjungan Gubernur ke segenap penjuru Jakarta, diskusi public dan sebagainya. Dan memasuki awal tahun 2012 hingga kini kami melakukan penggalangan potensi pemilih dari pintu ke pintu,” demikian kata Ocho Santoso, Ketua Blueforces Jayakarta saat konsolidasi Blueforces Jakarta Barat  di Kedoya beberapa waktu lalu. 

Lebih lanjut Ocho yang juga mantan Wakil Komandan Menwa Jayabaya ini menyatakan bahwa Blueforces Jayakarta telah menyiapkan 616 anggotanya dari lima wilayah kota untuk melakukan penggalangan suara secara door to door.  Para anggota Blueforces ini telah di training khusus untuk mendata setiap kepala keluarga berikut jumlah anggota keluarganya. Hingga berita ini diturunkan sudah terdata sekitar 8000 KK se Jakarta yang siap menyumbangkan suara untuk kemenangan Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli melalui penggalangan Blueforces, dan jumlah itu akan semakin membesar diwaktu yang akan dating hingga masuk masa pemilihan. 

Dengan asuimsi satu keluarga mampu menghimpun 10 suara, maka Blueforces optimis dapat menggalang ratusan ribu suara. Dengan begitu upaya menuju satu putaran sangat yakin akan diraih. Selain upaya fisik, pihaknya juga selalu berdoa untuk mencapai tujuan dimaksud. Dalam menjalankan aktifitasnya ini, para anggota Blueforces menjadi relawan dalam perjuangan memenangkan fauzi Bowo-Nachrowi Ramli, bekerjasama dengan Forum Bersama Jakarta (FBJ) yang merupakan timses dari pasangan Fauzi-Nachrowi. Selama 24 jam mereka terus bekerja, dari  pagi ke pagi. 

Mulai dari memapping wilayah kerja, mendatangi sasaran dan bersilahturahmi dengan penduduk, merekap data hingga melakukan penyimpanan data ke komputer. Dengan melakukan teknik kampanye sepertyi ini, Ocho yakin bahwa kemenangan satu putaran dapat dirai. “Rata-rata para warga yang kami datangi cukup senang dan merasa mendapatkan kehormatan serta secara sukarela menyatakan dukungan ke Fauzi-Nachrowi, karena dengan cara ini mereka merasa didatangi langsung oleh kandidat yang kami usung” demikian Ocho menjelaskan lebih lanjut. 

Tiada hari tanpa penggalangan potensi suara. Tampaknya tekad ini benar-benar dijalankan oleh para anggota Blueforces yang rata-rata berusia muda dengan semangat. Sesuai dengan motto organisasi ini yakni, Loyal, dinamis dan Militan. Militansi para anggota Blueforces ini sepertinya ditanamkan oleh Sang Commandante (pimpinan tertinggi) Blueforces yakni Erwin H. Al-Jakartaty, seorang tokoh pemuda nasional yang juga merupakan salah seorang pendiri organisasi ini. Erwin yang juga salah seorang Ketua DPP KNPI dan merupakan mantan aktifis mahasiswa 98 ini selalu memompakan semngat kepada kader-kader Blueforces agar tidak mementingkan diri sendiri dan menjunjung tinggi kebersamaan.

 Keterlibatan Blueforces yang begitu mendalam dalam perjuangan pilkada Jakarta bersama pasangan Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli ini baginya merupakan kepedulian pemuda untuk pembangunan Jakarta sebagai ibukota Negara lebih baik l;agi. Bagi Blueforces, duet Fauzi-Nachrowi adalah figur yang sangat tepat membangun Jakarta, mengingat bahwa kedua tokoh ini sarat pengalaman, cerdas, santun dan dekat dengan masyarakat Jakarta dari berbagai kalangan. Kepemimpinan Fauzi Bowo dalam lima tahun terakhir sudah cukup terasa pengambangannya, banjir mulai berkurang, pendidikan 9 tahun gratis, pelayanan kesehatan untuk orang miskin makin membaik dengan sistem SKTM, perekonomian meningkat hingga APBD pun membesar. 

Setelah melakukan aktifitas kerja politik dari pintu ke pintu, selanjutnya Blueforces akan terus mengawal perjalanan Fauzi-Nachrowi hingga masa pemilihan nanti. “Kami masih merencanakan kegiatan dipenghujung masa sosialisasi ini dan kampanye nanti dengan beragam kegiatan yang menyentuh masyarakat di tingkatan graassroot,” Kata Ocho menambahkan. Kerja 24 Jam dalam proses penggalangan ini tidak dijadikan beban oleh Blueforces Jayakarta yang dipimpinnya, malah hal ini dijadikan kesempatan guna mengembangkan dan membesarkan organisasi pemuda yang dipimpinnya ini dengan memanfaat masa pemilukada. Maju terus!!

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.