MUSISI JALANAN DAN MASYARAKAT NTT DUKUNG FAUZI-NACHROWI SATU PUTARAN

 Mendekati pelaksanaan pemilukada DKI Jakarta 11 Juli 2012, kesibukan warga Jakarta meningkat. Selain mengurusi persoalan keseharian, animo masyarakat ibukota menyambut suksesi kepemimpinan kepala daerah mulai menghangat. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya banner/spanduk yang mulai bertebaran disebagian wilayah ibukota. Terlebih di kantor-kantor  timses pemenangan kandidat Cagub-Cawagub. Salah satunya adalah di Jalan Diponegoro 61 A.

Dimana bermarkas tim penggalangan untuk Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli. Setiap harinya sepanjang waktu kesibukan terlihat di tempat ini. Ratusan orang setiap harinya terlihat memadati tempat ini.  Dan hampir setiap minggu, ratusan kader-kader suatu organisasi kemasyarakatan datang untuk menyampaikan dukungan kepada Fauzi-Nachrowi. “137 organisasi kemasyarakatan, LSM, kelompok paguyuban etnis, kelompok profesi dan lain-lain telah menyatakan dukungan kepada Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli untuk memimpin DKI Jakarta periode 2012-2017 dalam kebulatan tekad bersama di Hotel Sahid Jakarta, Sabtu 5 Mei lalu”, demikian kata Kordinator Penggalangan Keormasan Tim Dipo 61, Erwin H. Al-Jakartaty. 

Sehari-hari tokoh pemuda Betawi yang juga Commandante Blueforces ini dengan ramah dan sabar terus melayani para tamu yang datang berkunjung. Menurutnya hingga saat ini sudah 197 Ormas, LSM dan berbagai komunitas menyatakan dukungan untuk berjuang dibarisan Fauzi-Nachrowi.  Meski banjir dukungan, pihaknya tetap rendah hati, sebagaimana yang juga ditunjukkan oleh Fauzi Bowo dan Nachrowi Ramli. Meski berada dalam lapisan elite masyarakat sebagai publik figur namun duet kandidat Cagub-Cawagub ini tetap terlihat sederhana, santun dan merakyat.

Hasil survey yang dipublikasikan diberbagai media tak membuat kerja tim penggalangan Fauzi-Nachrowi ini kendor, bahkan semakin giat untuk melakukan sosialisasi ke masyarakat. Demikian pula para ormas pendukung tim Dipo 61.  Diantaranya adalah Sangkakala Muda Indonesia (SANGKAMI), suatu kelompok organisasi budayawan asal Jawa Timur, yang merupakan veteran pendukung Fauzi Bowo sejak tahun 2007. Menurut  Dendy, Sekjen SANGKAMI Fauzi Bowo merupakan figur pemimpin yang merakyat dan tahu akan kesulitan rakyat dikalangan graasroot. “Kami sebagai warga Jakarta asal Jawa Timur, telah melihat dan turut merasakan upaya Fauzi Bowo dalam mensejahterakan rakyat Jakarta di berbagai bidang, seperti kesehatan, pendidikan, pelayanan umum, kebudayaan dan lain-lain. Sebagai penggiat budaya, kami merasa bahwa Fauzi Bowo telah membuka ruang bagi kebudayaan nusantara untuk berkembang diibukota, khususnya budaya Jawa Timur’’, demikian  menurut  Dendy.  Sebagai organisasi penggiat budaya dan seni-musik, SANGKAMI telah mengkonsolidasikan para anggotanya yang terdapat para musisi jalanan (pengamen) untuk turut menyuarakan dukungan melalui lagu-lagu yang disampaikan di publik dan dinyanyikan diangkutan umum, rumah-rumah makan atau café-café.

Sementara itu menurut Konradus Y. Brecmans, Ketua Aliansi Masyarakat NTT Cinta Jakarta (AMCJ), hasil yang paling nyata selama lima tahun pemerintahan DKI Jakarta dipimpin oleh Fauzi Bowo adalah peningkatan APBD yang luar biasa dan berkurangnya banjir dibeberapa titik rawan ibukota, hingga kesempatan berusaha terbuka lebar. “Kami, masyarakat dari Nusa Tenggara Timur telah sepakat untuk mendukung kembali  Fauzi Bowo melanjutkan program pembangunannya untuk memajukan Jakarta, juga terhadap wakilnya Bang Nachrowi yang merupakan figure militer yang simpatik. Masyarakat NTT melalui AMCJ siap membantu pula untuk mengamankan ibukota.” Demikian pernyataan Konradus. Lebih lanjut Tokoh Masyarakat NTT di Jakarta ini menegaskan bahwa tingkat korupsi di pemerintahan DKI Jakarta pun telah menurun selama ini, dan pria ini meyakini bahwa Fauzi Bowo dan Nachrowi Ramli merupakan figur yang bersih dan berkomitmen tinggi untuk memberantas korupsi, karena latar belakang keduanya yang cukup mapan. Sementara itu Erwin H. Al-Jakartaty menyatakan bahwa baik  SANGKAMI dan AMCJ merupakan bagian integral dari barisan ormas yang lain dan telah bertekad untuk bersama-sama tim pendukung Dipo 61 lainnya memenangkan Fauzi-Nachrowi dalam satu putaran dengan semangat tinggi dan kerja keras. **



0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.