FASILITASI DAN PENGEMBANGAN RELAWAN BERBASIS LEMBAGA USAHA


Banyak hal yang dapat dilakukan lembaga usaha dalam penanggulangan bencana. Misalnya, melalui pembuatan Business Continuity Plan, dokumen ini akan bermanfaat ketika terjadi bencana besar di sekitar lingkungan usaha ataupun di dalam lingkungan usaha tersebut hancur akibat terkena dampak bencana. Ini disadari akan bermanfaat terhadap perusahaan tersebut. Demikian pula melalui program Corporate Social Responsibility, lembaga usaha dapat menjalankan kegiatan-kegiatan penanggulangan bencana dalam hal Pengurangan Risiko Bencana, kesiapsiagaan menghadapi bencana, kegiatan pada saat tanggap darurat, dan  kegiatan pada saat pasca bencana. 

Dalam rangka memberikan informasi dan pengetahuan tersebut. Direktorat Pemberdayaan Masyarakat BNPB mengadakan kegiatan Fasilitasi dan Pengembangan Relawan Berbasis Lembaga Usaha. Berbeda dengan kegiatan sebelumnya, kegiatan ini diperuntukan bagi lembaga usaha ataupun peserta yang belum pernah mengikuti kegiatan ini. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 28 – 31 Maret 2012, bertempat di Hotel Perdana Wisata, Bandung. 

Sebanyak 59 peserta hadir untuk mengikuti kegiatan ini, yang berasal dari  17 lembaga usaha berskala nasional di antaranya dari perusahaan PT. Telkom Indonesia, PT Jasa Marga, Perum Pegadaian, Bank DKI, PT Krakatau Steel, RCTI, MNCTV, Global TV, PT. Bank Sinarmas, PT. KBRU, PT. Indah Kiat Pulp & Paper, PT. IKPP Serang, PT. KICC Karawang, PT. Sinar Mas Forestry Regional Kaltim, PT. Pindo Deli Karawang, PT. Asuransi Jiwa Sinarmas, PT. Kreasi Mas Indah. Turut hadir pula peserta dari BPBD Provinsi Maluku, BPBD Provinsi Maluku Utara, BPBD Provinsi Papua, BPBD Provinsi Sulawesi Barat.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.