Libur Lebaran, Tanah Abang Sunyi, Pasar Senen Ramai


Daerah kompleks perbelanjaan dan grosir Tanah Abang menjadi lengang dan sunyi menjelang Hari Raya Idul Fitri yang akan jatuh pada Rabu (31/8/2011) nanti. Sepi mulai terlihat sejak pagi tadi bahkan hingga sore ini, Selasa.

Padahal, sehari-hari area tersebut selalu dilanda kemacetan panjang, karena ramai dikunjungi pembeli. Saat ini tak tampak antrian panjang angkutan umum seperti bus kota dan mikrolet yang biasanya berjejal dan memenuhi jalan tersebut.

Hanya terlihat, sejumlah mobil pribadi dan kendaraan roda dua yang melintas tanpa halangan kemacetan. "Iya ini penjualnya libur semua, karena Lebaran. Nanti buka lagi Senin, 5 September. Jadinya sepi di sini," ujar salah satu petugas keamanan Tanah Abang, Hapandi, di depan pintu masuk kompleks Tanah Abang Blok A, Selasa (30/8/2011).

Lain halnya dengan Tanah Abang, Pasar Senen yang juga berada di wilayah Jakarta Pusat justru ramai dipenuhi pengunjung. Berdasarkan pantau Kompas.com jalanan di sekitar Pasar Senen relatif lengang, tanpa kemacetan.

Namun, di dalam pasarnya, tampak puluhan pembeli datang dan pergi. Kebanyakan dari mereka memenuhi tempat pedagang baju-baju dengan harga murah. Karena harga murah itulah membuat kebanyakan pembeli yang didominasi kaum wanita tampaknya tak peduli dengan cuaca panas menyengat di pasar Senen.

Mereka sibuk tawar menawar dengan pendagang dan mencari pakaian yang sesuai dengan selera. Begitu pula dengan para pendagang pakaiannya. Panas terik dan suara serak akibat meneriakkan dagangan, tak menghalangi semangat mereka menarik minat pembeli.

Mereka sengaja mendirikan stan darurat untuk berjualan, karena toko-toko dalam bangunan pasar itu, untuk sementara ditutup selama Lebaran. Stan dibuat di luar agar menarik perhatian pembeli yang melintasi jalan sekitar Terminal Senen.

"Kita di luar sini sampai hari Jumat nanti. Setelah itu kita kembali ke dalam. Ini di jual murah-murah, mumpung Lebaran," ujar Marihot salah satu pedagang pakaian Pasar Senen.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.