Dewan Kesenian Klaten Gelar Festival Ketoprak Pelajar


Dewan Kesenian Klaten, Jawa Tengah, bekerja sama Amigo Group, menggelar festival ketoprak pelajar, Sabtu (7/5) malam. Festival dikuti sebanyak tujuh peserta.

Penyelenggaraan festival ketoprak pelajar tersebut, kata Ketua Dewan Kesenian Klaten Harsono, dalam rangkaian kegiatan Hari Pendidikan Nasional dan Hari Kebangkitan Nasional 2011.

"Selain itu, untuk menghidupkan dan meregenerasi kesenian ketoprak yang syarat nilai-nilai sejarah, perjuangan, dan kebudayaan. Inilah upaya kami melestarian kesenian tradisional," jelasnya.

Dewan juri festival ketoprak pelajar kali kedua ini terdiri dari Prof Dr Timbul Haryono MSc (akademisi/UGM), Nyi Yati Pesek (seniman), dan Ki Sayoko Gondo Saputro (budayawan).

SMK Swadaya menyajikan lakon Sunan Tembayat, keluar sebagai juara I, SMAN II dengan lakon Singosari juara II, dan juara III SMK Petrus Kanisius yang menampilkan cerita Sri Tanjung.

Universitas Widya Dharma Klaten juga tampil membawakan lakon Toh Jaya tapi tidak dinilai. Para pemenang mendapat piala dan uang pembinaan yang diserahkan oleh Ketua Dewan Kesenian Harsono.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.